Budget Plan Tidak Cuma untuk Bisnis Besar, Cermati di Sini! - iSeller Blog

Budget Plan Tidak Cuma untuk Bisnis Besar, Cermati di Sini!

budget plan

Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis, satu hal yang tidak boleh dikesampingkan adalah perencanaan budget pada bisnis tersebut. Istilah budget plan kemudian muncul, dan menjadi signifikan untuk bisnis, baik dalam skala besar maupun kecil.

Dalam istilah bahasa Indonesia, hal ini juga dikenal dengan sebutan perencanaan anggaran. Ketika direncanakan dengan tepat dan dipegang teguh, maka kamu akan mampu melacak pendapatan dan pengeluaran perusahaan dalam sebuah periode waktu tertentu.

Mengingat konsep ini penting untuk dipahami, mari kulik lebih jauh dan pahami setiap poin yang dijelaskan di bawah ini!

Baca juga: 5+ Kelebihan Aplikasi Kasir Android, Pilih yang Terbaik!

Pertama, Soal Definisinya

Budget plan

Budget plan bisa dipahami sebagai bagan yang berfungsi untuk menunjukkan aliran uang yang ada dalam sebuah bisnis. Berkas dan perencanaan ini dapat membantu kamu dalam menentukan pengeluaran yang akan dilakukan, dan menyesuaikan kebiasaan pengeluaran yang kiranya tidak relevan dengan tujuan bisnis.

Dengan keberadaan dana atau anggaran yang memiliki batasan jelas, penyusunan rencana alokasi anggaran menjadi sangat penting. Dalam bisnis, baik dalam skala besar atau kecil, ketepatan penggunaan anggaran ini bisa membantu bisnis lebih fleksibel dalam menghadapi kebutuhan dan kondisi pasar.

Di waktu yang sama, perencanaan bisa membantu kamu menghemat banyak pengeluaran, dan memasukkannya ke pos lain yang lebih strategis dan relevan dengan target bisnis.

Kedua, Terkait Fungsi dari Budget Plan

Budget plan

Jika dicermati sedikitnya ada empat fungsi utama dari keberadaan dan pembuatan budget plan. Pertama adalah terkait penentuan modal, kemudian menentukan target penjualan yang jelas, membantu kontrol pengeluaran yang dilakukan, dan mendukung rencana strategis pengembangan bisnis secara makro.

Berikut penjelasan untuk masing-masing poin tersebut.

1. Membantu Menentukan Modal Awal

Dengan keberadaan budget plan yang jelas kamu bisa mengetahui berapa modal awal yang digunakan dalam menjalankan bisnis. Setidaknya, pos-pos fundamental yang pasti akan membutuhkan sejumlah dana dapat terpetakan, dan jelas nominalnya mengacu pada perhitungan yang akurat.

Proses ini bisa membantu dalam tahap memulai bisnis, atau dalam tahap memulai periode keuangan yang baru pada bisnis yang kamu punya.

2. Memperlihatkan Target Penjualan

Budget plan juga bisa membantu memberikan perbandingan pada penjualan dengan pengeluaran. Jika target pendapatan yang diperoleh tidak sesuai dengan rencana awal, maka harus ada evaluasi dan penyesuaian yang dilakukan. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengontrol alokasi sumber daya uang, sehingga bisa digunakan dengan lebih efektif.

3. Kontrol pada Pengeluaran

Fungsi ketiga adalah terkait dengan kontrol pada keuangan. Perusahaan yang punya rencana anggaran jelas akan memiliki pegangan untuk pengeluaran yang dilakukan. Keberadaan sokongan dana untuk mendukung operasional dan berbagai urusan perusahaan terukur dengan baik, sehingga kontrol pengeluaran yang dilakukan juga berjalan lebih optimal.

4. Rencana Strategis Pengembangan Bisnis

Cepat atau lambat, kamu tentu ingin bisnis yang kamu punya berkembang. Tanpa adanya rencana pengeluaran dan alokasi, serta rencana keuangan secara umum, maka perusahaan akan sulit mencapai tahap tersebut. Maka dari itu, kelengkapan berkas keuangan ini memegang fungsi penting dalam pengembangan bisnis di masa yang akan datang, karena bisa menjadi bahan evaluasi yang berguna.

Bagian Ketiga, Cara Membuatnya

Budget plan

Nah di bagian ketiga ini kamu bisa melihat kira-kira bagaimana cara membuat budget plan secara ideal. Ideal di sini bisa dipahami sebagai cara yang efektif, sehingga kamu bisa mencapai target bisnis sesuai dengan lini masa yang kamu miliki.

  • Peninjauan asumsi budget plan sebelumnya. Asumsi ini adalah perkiraan biaya yang dibuat di periode sebelumnya. Tujuannya agar kamu bisa mendapat gambaran tentang kondisi di masa lalu, dan menyempurnakannya di masa sekarang.
  • Susun berdasarkan masing-masing divisi yang ada di perusahaan. Setiap divisi diminta untuk mengajukan rencana pengeluaran berdasarkan pekerjaan yang dimilikinya. Data ini bisa jadi acuan yang akurat untuk menyusun perencanaan anggaran secara umum.
  • Identifikasi kemacetan, untuk mengetahui apa yang menjadi masalah pada sebuah project yang berjalan di perusahaan. Pemahaman pada sebabnya bisa membantu menghindari hal yang sama terulang.
  • Prediksi pendapatan yang akan datang. Melihat kondisi pasar dan perusahaan, kamu bisa melakukan forecasting pada pendapatan yang akan diterima di periode ini.
  • Tentukan perkiraan pengeluaran tambahan. Setelah semua divisi menyetorkan kebutuhan anggarannya, kamu bisa memberikan sedikit tambahan untuk perkiraan pengeluaran tambahan.
  • Buat proyeksi cash flow, yakni perkiraan angka pemasukan dan pengeluaran dari perusahaan.
  • Tinjauan secara teratur dan berkala, untuk senantiasa menepati rencana yang sudah dibuat.
  • Analisis pembelian, dilakukan pada setiap jenis pengeluaran yang terjadi, baik bernilai besar atau bernilai kecil agar tidak ada yang terlewat dari pencatatan.
  • Membuat paket anggaran bisnis, adalah dokumen yang berisi informasi detail tentang anggaran perusahaan. Data di dalamnya antara lain adalah tentang perubahan terbaru, perbandingan dari anggaran tahun sebelumnya, solusi kemacetan, informasi biaya bertahap, dan perkiraan pendanaan di tahun berjalan.

Baca juga: 4 Cara Optimalkan Pengelolaan Stok Barang, Baca di Sini! 

Untuk dapat menyusun budget plan yang baik, kamu jelas perlu pencatatan keuangan yang akurat. Fitur seperti ini sebenarnya bisa kamu dapatkan pada POS System dari ISeller, lengkap dengan fitur utama yang disediakan POS System ini.

Dengan fitur Reports & Analytics, iSeller bisa membantu menyajikan data penjualan periode lalu dengan lengkap dan rinci, berdasarkan kondisi riil dari perusahaan. Dengan begini, penyusunan budget plan bisa dilakukan dengan lebih akurat, dan tepat sesuai dengan keadaan pasar. Kamu bisa mencoba GRATIS fitur dan produk dari iSeller ini, dengan menghubungi kami pada kontak yang tersedia. Cocok untuk skala bisnis besar dan kecil, iSeller siap membantu optimalnya pengelolaan bisnis setiap hari!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading