10 Cara Menghasilkan Uang di TikTok, Tertarik Mencoba? - iSeller Blog

10 Cara Menghasilkan Uang di TikTok, Tertarik Mencoba?

cara menghasilkan uang di tiktok

Halo, pembaca setia blog iSeller! Saat ini, siapa ya yang tidak kenal dengan TikTok? Media sosial karya perusahaan teknologi ByteDance ini memiliki jutaan pengguna aktif setiap hari dan tengah booming di Indonesia. Bagi sebagian orang, TikTok tidak hanya ranah untuk berkarya, berbagi video, atau cerita, tetapi juga menjadi sumber penghasilan yang signifikan, sehingga tak sedikit orang yang mencari tahu cara menghasilkan uang di TikTok.

Ternyata, para kreator yang aktif di TikTok punya penghasilan yang tak main-main, lho! Tapi, apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana para kreator TikTok bisa menghasilkan uang dari hobi atau side job mereka? Kenapa TikTok menjadi platform dengan sumber pendapatan yang menggiurkan?

Jawabannya sederhana, kok, yaitu dengan kreativitas, dedikasi, dan pengetahuan yang tepat! Kesempatan untuk sukses secara finansial juga bisa kamu raih di TikTok. Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui lebih lanjut cara menghasilkan uang di TikTok yang cocok untuk pemula dan yang telah dilakukan oleh kreator terkenal! Melalui fitur-fitur terbaru serta strategi ampuh, TikTok akan menjadi platform yang setia dan terbuka bagi seluruh kreator!

Baca Juga: Tips Manfaatkan Broadcast Channel Instagram untuk Bisnismu

Mengapa Media Sosial TikTok Menjadi Sangat Terkenal Saat Ini?

TikTok diluncurkan pada September 2016 di negara asalnya, Tiongkok. ByteDance pertama kali merilisnya di Android, lalu kemudian di tahun 2017, TikTok tersedia di iOS. Tiktok adalah versi dari lain dari Douyin, platform video pendek yang juga dikembangkan oleh ByteDance. Kalau kamu tahu media sosial Musical.ly yang sempat tren juga, TikTok adalah versi baru dari layanan video tersebut.

TikTok adalah layanan hosting video berdurasi pendek dan dapat dengan mudah digunakan oleh seluruh penggunanya. Biasanya, durasi video dimulai dari 3 detik hingga 10 menit. Dalam perkembangannya, TikTok memiliki fitur-fitur terbaru yang hampir identik dengan media sosial lainnya. Diantaranya adalah fitur live, e-commerce, beranda atau For Your Page (FYP), bahkan sampai filter foto dan juga video.

TikTok memiliki beragam pesona yang membuatnya begitu populer saat ini, terutama bagi anak muda. Ini dia alasan utamanya:

1. Konten yang Beragam

TikTok merupakan rumah dan pionir konten dalam bentuk video pendek. Ada banyak konten yang tersedia, mulai dari video lucu, tantangan kreatif, tips kecantikan, hingga tutorial. Jadi, mulai dari hiburan hingga edukasi dapat kamu temukan di sana.

2. Kesederhanaan Penggunaan

TikTok relatif mudah untuk digunakan dan cocok untuk pengguna dari berbagai latar belakang dan usia. Bahkan, kamu tak perlu menjadi ahli lebih dulu untuk terjun sebagai kreator di TikTok.

3. Relasi Parasosial yang Tinggi

Interaksi pengguna dan video milik kreator menciptakan hubungan parasosial yang cukup kuat, di mana user seperti memiliki hubungan dekat dengan seorang figur atau kreator. Padahal, hubungan ini bersifat sepihak saja.

Relasi parasosial muncul dari komentar, like, dan berbagi yang memungkinkan pengguna untuk terlibat secara aktif. Ketika sang kreator melakukan hal yang sama, penontonnya akan merasa senang dan tercipta atmosfer yang ramah.

4. Kehadiran Figur Publik

Awalnya, pengguna TikTok memang didominasi oleh mereka yang suka berkreasi dengan video pendek. Karena kenaikan pengguna yang semakin meningkat, TikTok juga digunakan oleh figur publik dari berbagai bidang.

5. Tantangan dan Tren Viral

Hampir setiap tren yang muncul di masyarakat berasal dari TikTok, sshingga menarik perhatian pengguna secara massal. Partisipasi ini tidak hanya menyenangkan, namun juga memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam budaya populer saat ini.

6. Ekspresif dan Kreatif

TikTok memberikan kebebasan ekspresi kepada pengguna untuk bereskpresi dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Jadi, pengguna bisa tahu karakter atau jati diri seorang kreator melalui video pendek mereka. Fleksibilitas juga berlaku untuk kreativitas kreator. TikTok punya fitur seperti efek khusus, filter, dan musik yang memberikan kesan unik.

7. Konsumsi Konten yang Cepat

Format video pendek TikTok terlihat ideal untuk konsumsi konten yang ringan dan cepat di antara kegiatan sehari-hari. Pengguna bisa menonton banyak video dalam waktu singkat.

10 Cara Menghasilkan Uang di TikTok

Dengan tujuh poin alasan yang telah disebutkan dan jutaan pengguna aktif setiap harinya, TikTok menjadi alasan mengapa banyak orang yang mencoba peruntungan di TikTok. Lihat cara di bawah ini, yuk!

1. TikTok Creativity Program Beta

TikTok Creativity Program Beta merupakan program baru yang memungkinkan kreator TikTok mendapatkan bayaran langsung dari TikTok berdasarkan kinerja konten mereka. Program ini merupakan program pengganti TikTok Creator Fund. Namun, ada beberapa syarat tertentu jika kamu ingin mencoba program ini, seperti jumlah pengikut di akun TikTok yang harus mencapai 10.000 dan jumlah penayangan video sebesar 100.000 dalam 30 hari terakhir.

2. TikTok Coins

TikTok Coins adalah mata uang virtual yang dapat dibeli oleh pengguna TikTok dan digunakan untuk memberi hadiah kepada kreator favorit mereka selama siaran langsung atau sebagai bentuk dukungan lainnya. Koin-koin ini kemudian dapat ditukarkan oleh kreator dengan uang tunai melalui fitur “Tipping”.

3. Live Gifts

Fitur Live Gifts memungkinkan pengguna TikTok untuk memberikan hadiah koin kepada kreator yang mereka tonton selama siaran langsung. Semakin banyak hadiah yang diterima oleh kreator, semakin besar kesempatan untuk menghasilkan uang dari TikTok.

4. TikTok Ads Manager

TikTok Ads Manager adalah cara lain untuk menghasilkan uang di platform ini. Bisnis atau merek dapat membuat iklan yang ditampilkan di antara konten pengguna, dan mereka akan membayar TikTok berdasarkan berbagai metrik seperti tayangan atau klik.

5. Sponsorship dan Kolaborasi

Sponsorship dan kolaborasi dengan merek merupakan cara lain untuk menghasilkan uang di TikTok. Kreator dengan pengikut yang besar dan terlibat dapat menawarkan sponsor atau kolaborasi berbayar kepada merek untuk promosi produk mereka.

6. Penjualan Produk Afiliasi (TikTok Affiliate)

Kreator dapat memanfaatkan program afiliasi untuk menghasilkan uang dengan merekomendasikan produk atau layanan tertentu kepada pengikut mereka. Setiap kali ada yang membeli melalui tautan afiliasi kreator, mereka akan mendapatkan komisi.

7. Konten Eksklusif

Fitur TikTok Exclusive Content memungkinkan kreator untuk menjual konten eksklusif kepada pengikut mereka. Ini bisa berupa akses ke video atau konten khusus yang tidak tersedia untuk umum, dan pengguna harus membayar untuk mengaksesnya.

8. Jualan Langsung

Kreator juga dapat menjual produk atau barang dagangan mereka langsung kepada pengikut mereka. Misalnya, seorang seniman dapat menjual lukisan atau karya seni langsung melalui platform TikTok.

9. Menjadi Konsultan atau Mentor

Jika seorang kreator memiliki keahlian atau pengetahuan tertentu dalam bidang tertentu, mereka dapat menawarkan layanan konsultasi atau mentor kepada pengikut mereka. Ini bisa berupa sesi konsultasi pribadi, webinar, atau pelatihan khusus.

10. Donasi

Donasi adalah cara lain bagi kreator TikTok untuk menghasilkan uang dari pengikut mereka. Pengguna yang menikmati konten kreator dapat memberikan sumbangan sebagai bentuk dukungan atas karya mereka.

Baca Juga: Mengejar Cuan: 10 Contoh Usaha yang Jarang Ada Tapi Dibutuhkan Orang

Kesimpulan:

Itu dia penjelasan mengenai cara menghasilkan uang di TikTok dan mengapa kamu mencoba peruntungan di TikTok untuk meraih sukses sebagai kreator konten. TikTok tidak hanya menjadi platform hiburan semata, tetapi juga peluang bisnis yang menjanjikan bagi para kreator. Dengan kreativitas, dedikasi, dan pengetahuan yang tepat, kamu bisa memancing followers lebih banyak dan juga meraup untung.

Oh iya, kamu bisa berjualan langsung di TikTok dengan menghubungkan akun TikTok Shop kamu, lho! Yuk permudah aktivitas jual-beli di TikTok dan beragam marketplace lainnya dengan iSeller!

iSeller membantu kamu dalam mengelola berbagai marketplace dalam satu layar saja. Mulai dari pengaturan pesanan, produk, stok, sampai chat dengan pembeli! Secara otomatis, iSeller akan menyinkronkan inventaris dan memperbarui informasi mengenai produk, jadi tak ada lagi situasi overselling dalam bisnismu. Kamu juga punya lebih banyak waktu untuk mengembangkan bisnis karena tak perlu lagi memasukkan data secara manual.

Butuh laporan laba/rugi? Tenang, iSeller menyediakan itu semua secara otomatis, rapi, dan real-time! Bagaimana, terdengar lebih mudah bukan berbisnis dengan layanan dari iSeller? Aktifkan sekarang juga atau COBA GRATIS!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading