Cara Paling Efektif dan Terkini untuk Meningkatkan Customer Loyalty - iSeller Blog

Cara Paling Efektif dan Terkini untuk Meningkatkan Customer Loyalty

customer loyalty

Apa itu loyalitas pelanggan atau customer loyalty? Customer loyalty adalah kesetiaan pelanggan terhadap suatu brand bisnis tertentu, di mana kesetiaan ini ditunjukkan dengan memberikan dukungan dan kepatuhan yang konsisten terhadap brand itu.

Pelanggan yang loyal cenderung akan terus menerus membeli atau menggunakan produk dari satu brand dalam jangka waktu yang panjang. Meskipun kompetitor menawarkan produk yang serupa dengan harga dan kualitas lebih baik.

Customer loyalty sangat penting karena bisa mendatangkan banyak keuntungan buat bisnis. Namun sayangnya untuk mendapatkan loyalitas tersebut tidaklah mudah, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Apa sajakah faktor itu?

  • Satisfaction, yaitu kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan pada suatu produk atau layanan bisnis.
  • Emotional bonding, yaitu ikatan emosional pelanggan pada suatu produk bisa mempengaruhi loyalitas mereka.
  • Trust, yaitu kepercayaan pelanggan pada suatu brand akan memengaruhi mereka untuk membeli produk lainnya yang ditawarkan oleh brand itu..
  • Choice reduction and habit, artinya adalah kemudahan untuk memperoleh produk bisa memberikan rasa nyaman kepada pelanggan.
  • History, yaitu pengalaman berkesan antara bisnis dan pelanggan akan menjadi poin tambahan pelanggan untuk kembali mengenang atau menciptakan pengalaman sama dengan cara membeli produk.

Mengapa Customer Loyalty itu Penting?

customer loyalty
Sumber: Freepik

Customer loyalty, berarti pelanggan yang berpotensi melakukan transaksi dengan bisnis berulang. Loyalitas pelanggan sangat penting karena berbagai alasan berikut ini:

  • Pelanggan loyal biasanya akan membelanjakan lebih banyak daripada pelanggan baru karena mereka sudah mempercayai bisnis kamu dan produk atau layanannya.
  • Pelanggan setia akan menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi. 
  • Loyalitas pelanggan mampu meningkatkan keuntungan bisnis 25% hingga 95%.
  • Mempertahankan pelanggan setia lebih hemat biaya, sebab mereka menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi dengan biaya lebih rendah.
  • Pelanggan setia akan berbelanja secara teratur karena mereka sudah memiliki pengalaman yang positif.
  • Loyalitas pelanggan membantu kamu dalam membuat keputusan antisipatif yang lebih baik dan merencanakan keuangan dan upaya pemasaran secara efektif.
  • Loyalitas pelanggan juga dapat meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya pemasaran.

Baca juga: 4 Macam Leads dan 6 Cara Jitu Mendapatkannya

Bagaimana Cara Meningkatkan Customer Loyalty?

customer loyalty
Sumber: Freepik

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

1. Prioritaskan Customer Support

Cara yang paling mudah untuk meningkatkan customer loyalty adalah melayani kebutuhan mereka. Para pelanggan tentunya mengharapkan solusi yang cepat untuk masalah yang mereka hadapi. Jadi, memprioritaskan customer support sangat penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

2. Kumpulkan Feedback dan Data Pelanggan

Selain itu, kamu juga harus mendengar langsung feedback dari para pelanggan. Tanpa adanya opini jujur dari pelanggan, akan butuh waktu lama untuk menumbuhkan audiens yang setia. Maka dari itu, untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman yang baik dengan bisnis kamu, kumpulkan feedback dari pelanggan. 

3. Tawarkan Kemudahan untuk Para Pelanggan

Kamu juga perlu memikirkan tentang bagaimana kamu dapat membuat customer experience menjadi lebih sederhana dan lebih cepat. Misalnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk merampingkan proses check out sehingga pelanggan tidak perlu melewati langkah-langkah yang dirasa tidak penting. Atau kamu juga bisa menyediakan multi-channel chat sehingga pelanggan bisa memilih di mana mereka ingin terhubung. 

4. Berikan Konten-Konten Edukasi

Kalau kamu hanya terhubung dengan para pelanggan hanya saat mereka melakukan pembelian saja, kamu akan kesulitan untuk mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang. Jadi, pertimbangkan untuk memberikan apresiasi dengan memberikan konten yang bermanfaat sehingga mereka teredukasi dengan baik. Cara ini juga bisa membuat pelanggan lebih mengenal merek kamu dengan baik, sehingga mereka bisa tahu manfaat dan nilai yang bisnis kamu berikan kepada mereka.

5. Tingkatkan Customer Experience

Untuk mendorong loyalitas pelanggan, kamu juga bisa menjadikan ini sebagai proses evaluasi dan peningkatan yang berkelanjutan. Dunia akan terus berubah, jadi kamu harus memeriksa identitas dan nilai merek kamu secara teratur. Kamu dituntut untuk terus mengetahui dan mempelajari customer experience dengan cara berinteraksi dan meminta feedback dari mereka. Perhatikan juga dengan baik apa saja keluhan ataupun feedback negatif sekalipun, ya!

6. Berikan Hadiah untuk Para Pelanggan Setia

Salah satu cara untuk bisa membuat pelanggan datang kembali adalah dengan memberikan penghargaan atas kesetiaan mereka. Kamu perlu menyiapkan customer loyalty program yang memberikan diskon, hadiah, voucher, dan penawaran eksklusif lainnya kepada pelanggan.

Baca juga: Memenangkan Persaingan dengan 5 Tips Menentukan Positioning

Meningkatkan customer loyalty bisa memberikan keajaiban pada bisnis kamu, termasuk meningkatkan penjualan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, bisnis kamu membutuhkan solusi yang secara otomatis dapat membantu kamu dalam memahami apa yang diinginkan pelanggan berdasarkan riwayat pembelian, umpan balik dan interaksi dengan bisnis.

Kamu bisa menggunakan POS System yang handal dari iSeller yang mampu mengintegrasikan berbagai kanal penjualan yang kamu miliki. Dengan begitu, semua pelaporan akan mudah diakses pada satu perangkat saja. Integrasinya dengan sistem bisnis juga bisa dilakukan dengan mudah dan sangat cepat, karena sistem dari iSeller cukup adaptif pada berbagai jenis bisnis kekinian. Yuk, COBA GRATIS sekarang langsung saja klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading