Enterprise Resource Planning: Kunci Efisiensi Bisnis - iSeller Blog

Enterprise Resource Planning: Kunci Efisiensi Bisnis

enterprise resource planning

Di era globalisasi yang semakin visioner, kompetisi bisnis menjadi satu dari banyak hal yang harus dihadapi oleh pebisnis. Banyaknya pesaing yang berinovasi pada produk atau layanan serupa membuat perusahaan harus sanggup membuat kelola sumber daya mereka dengan lebih efisien dan efektif. Untuk itu, terciptalah suatu konsep yang solutif dan terbukti memberikan keunggulan kompetitif bernama Enterprise Resource Planning (ERP).

Dalam artikel ini, Anda akan menyelami lebih dalam apa itu ERP, manfaat yang ditawarkannya untuk membuat perusahaan semakin berpacu dalam meningkatkan kapabilitasnya. Melalui pemahaman yang baik, Anda yang berniat memiliki bisnis atau sudah menjalankan bisnis mengetahui pentingnya penerapan teknologi ERP bagi keberlangsungan bisnis. Mari simak lebih lanjut!

Mengenal Enterprise Resource Planning (ERP)

Mengutip dari buku Framework – Enterprise Resource Planning karya Ana Hadiana dan Yoyo Sudaryo, Enterprise Resource Planning merupakan sistem perencanaan dan pemanfaatan sumber daya yang terdapat pada sebuah perusahaan guna menggapai visi dan misi serta laba yang sebesar-besarnya. ERP juga bersumber dari istilah enterprise, yaitu organisasi yang menjalankan proses bisnis secara nyata dan terstruktur melalui pemanfaatan teknologi informasi serta sistem informasi.

ERP adalah sebuah platform yang mengelola dan mengintegrasikan bagian-bagian penting dari bisnis. Perangkat lunak ERP menjadi langkah jitu untuk mencapai efisiensi pasar hanya dalam satu sistem. Elemen vital dalam bisnis yang mampu dikelola oleh ERP antara lain seperti perencanaan, pembelian, inventaris, penjualan, pemasaran, keuangan, SDM, dan masih banyak lagi.

Konsep ERP tak lepas dari perkembangan dan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Hampir jarang Anda temukan perusahaan besar yang beroperasi dengan cara konvensional ditengah permintaan pasar yang mengalami kenaikan. Untuk mendukung efisiensi, maka berbagai bidang kegiatan bisnis perlu teknologi informasi yang canggih. Dengan begitu, perusahaan bisa berada di puncak pasar atau mampu bertahan di situasi pergelutan antar bisnis.

Manfaat dari Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP)

Aplikasi ERP memungkinkan departemen dalam perusahaan untuk berkomunikasi dan saling berbagi informasi dengan lebih mudah, sebab semua divisi saling bersinergi untuk membentuk suatu keputusan yang berarti bagi bisnis. Karena menghubungkan berbagai teknologi yang digunakan oleh setiap elemen bisnis, aplikasi ERP membuat perusahaan tak perlu menginvestasikan biaya terlalu banyak. Dalam perusahaan produk saja misalnya, ERP membantu mengintegrasikan hutang dagang, pengendalian stok, pemantauan pesanan, dan database pelanggan ke dalam satu sistem. Dari sini, tentu ERP membawa manfaat yang harus Anda ketahui, diantaranya sebagai berikut:

1. Optimisasi Proses Bisnis

Apakah Anda membutuhkan satu alat yang bisa mengintegrasikan semua bagian pokok bisnis? ERP adalah jawabannya. ERP berkemampuan penuh untuk membuat seluruh proses bisnis dapat terhubung dalam satu platform. Hasilnya? Proses operasional jadi lebih optimal, efisien, dan hemat biaya produksi.

2. Peningkatan Visibilitas dan Pengambilan Keputusan

Karena Enterprise Resource Planning menggunakan teknologi canggih, perusahaan punya akses secara real-time tentang berbagai aspek bisnis, mulai dari informasi stok, penjualan, keuangan, dan produksi. Sehingga, manajemen dapat membuat keputusan bisnis secara tepat waktu dan berbasis data untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan.

3. Integrasi Departemen dan Fungsinya

Menepis hambatan untuk berkoordinasi menjadi lebih mudah dengan kehadiran ERP. ERP menghubungkan lintas departemen dan fungsi perusahaan. Jadi, kerja sama dan operasi bisnis terasa lebih efektif.

4. Peningkatan Layanan Pelanggan

ERP memberikan jalan tercepat dan akurat dalam mengakses informasi pelanggan, seperti pesanan, pengiriman, dan layanan purna jual. Dari sini, perusahaan tahu apa yang diinginkan oleh pelanggan dan bagian mana yang perlu ditingkatkan dalam produk atau layanan. Ini dapat mempertahankan atau menaikkan loyalitas pelanggan dan memperkuat relasi bisnis jangka panjang.

5. Fleksibilitas

Semua pebisnis tahu bahwa situasi pasar bersifat tentatif dan fluktuatif. Nah, ERP dirancang khusus untuk memperluas dan menyesuaikan kebutuhan perusahaan sering dengan perubahan internal maupun eksternal. Ini menambah probabilitas perusahaan agar tetap relevan dan tak gentar untuk bersaing ditengah dinamika pasar.

6. Pengurangan Risiko dan Kepatuhan

Dengan mengotomatisasi proses bisnis dan meningkatkan visibilitas, ERP membantu mengurangi risiko kesalahan manusia dan penyalahgunaan data. Selain itu, sistem ini dapat membantu perusahaan mematuhi peraturan dan standar keamanan yang relevan.

Seperti Apa Cara Kerja Enterprise Resource Planning?

Berdasarkan laman Investopedia, Enterprise Resource Planning telah berkembang selama bertahun-tahun dari modal software tradisional yang menggunakan server secara fisik dan sistem entri manual hingga software berbasis cloud dan web seperti produk dari Microsoft atau Google Workspaces. Bisnis bisa memilih aplikasi yang mereka gunakan. Kemudian, perusahaan hosting memuat aplikasi ke server yang disewa oleh klien. Dari penyimpanan awan atau cloud yang membuat semua departemen dapat terhubung ke dalam sistem, semua data dikumpulkan ke dalam server dan langsung tersedia bagi mereka yang mendapatkan izin untuk menggunakannya. Laporan dapat dibuat dengan metrik, grafik, atau visual yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Contoh lainnya dalam kinerja penjualan adalah ketika Anda menerima pesanan dari konsumen di online marketplace. Karena Anda memiliki banyak toko di berbagai marketplace daring, ERP memberikan informasi melalui aplikasi apa pelanggan memesan produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengelola pesanan produk, stok, sampai chat dengan pelanggan.

Ingin ERP yang Memudahkan Sistem Bisnis Anda? Mari Beralih ke iSeller!

Enterprise Resource Planning (ERP) menjadi alat yang tak ternilai bagi perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis mereka dan tetap relevan di pasar yang terus berubah. Manfaat ERP dapat Anda rasakan dengan mudah bersama iSeller! iSeller dirancang khusus dengan teknologi terbaru dan canggih yang mengedepankan efisiensi dan kenyamanan berbisnis.

Hanya dalam satu perangkat, Anda memiliki wawasan sejauh mana penjualan atau pengiriman produk berjalan, manajemen pelanggan, pengelolaan inventori, laporan laba/rugi, pembayaran, hingga pengaturan jam kerja karyawan! Menjalankan bisnis jadi terasa lebih mudah dan menyenangkan! COBA GRATIS sekarang atau ketahui lebih lanjut mengenai perangkat dan fitur dari iSeller dengan klik link ini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading