Fungsi Staff Management dan Cara Mengoptimalkannya - iSeller Blog

Fungsi Staff Management dan Cara Mengoptimalkannya

staff management

Setiap perusahaan perlu memastikan setiap karyawan memiliki kinerja yang baik. Dengan tujuan supaya bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Nah, inilah yang dikenal dengan istilah staff management. Apa itu staff management?

Staff management adalah sebuah proses yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam melakukan kegiatan tersebut, di mana poses ini memungkinkan karyawan untuk mengembangkan peran mereka secara maksimal dalam mencapai tujuan perusahaan.

Pentingnya Staff Management bagi Perusahaan

staff management
Sumber: Freepik

Melakukan staff management menjadi hal yang penting untuk dilakukan, di mana salah satu alasannya adalah karena proses ini dapat membantu perusahaan dalam menganalisis serta memantau tingkat keaktifan dan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan. Dengan mengetahui hal itu, maka perusahaan juga akan mendapatkan kemudahan dalam membuat keputusan yang lebih baik tentang arah bisnis di masa yang akan mendatang. 

Dalam melakukan staff management, ada dua tujuan yang berbeda yaitu tujuan ekonomi dan tujuan sosial. Pada tujuan ekonomi, staff management bertujuan untuk melindungi perusahaan dalam jangka waktu yang panjang dan untuk memperbaiki strategi pertumbuhan bisnis. Sementara itu pada tujuan sosial, staff management bertujuan untuk menjamin kesejahteraan seluruh karyawan perusahaan di masa yang akan mendatang. 

Baca juga: Sudah Coba Optimalkan Search Engine Marketing?

Bagaimana Proses Staff Management yang Baik?

Melakukan proses staff management, setidaknya akan ada lima proses yang perlu dilalui terlebih dahulu. Adapun kelima proses itu adalah:

  • Perencanaan tenaga kerja yang meliputi kegiatan brainstorming. Tujuan dari tahap ini adalah untuk mengetahui jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk mengisi posisi kosong di perusahaan.
  • Proses selanjutnya adalah rekrutmen, dengan cara mengidentifikasi prospek yang tepat untuk perusahaan.
  • Lalu ada proses seleksi dan perekrutan yang bertujuan untuk menentukan apakah calon kandidat yang HR pilih memang cocok untuk pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak. 
  • Dilanjutkan dengan proses pelatihan dan pengembangan yang bertujuan untuk membantu karyawan yang sudah diterima dalam memahami peran dan tanggung jawab yang mereka miliki dengan lebih baik. Kemampuan pemahaman yang dimiliki oleh karyawan baru akan menentukan pencapaian dari jangka panjang perusahaan.
  • Terakhir adalah proses promosi dan penilaian. Proses ini akan menjadi penentuan apakah karyawan punya kinerja yang baik dalam mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditentukan. Tujuan utamanya yaitu untuk memeriksa kinerja karyawan dan untuk meningkatkan peran, gaji, serta tanggung jawab yang mereka miliki. 

Strategi Efektif Menjalankan Staff Management

staff management
Sumber: Freepik

Berikut ini ada beberapa strategi efektif dalam menjalankan proses staff management yang bisa kamu perhatikan:

  • Jangan ragu untuk investasi dalam program reward and recognition. Program reward and recognition ini berguna untuk meningkatkan etika kerja dan produktivitas karyawan dalam jangka panjang. 
  • Jadilah pemimpin yang baik dan inspiratif. Pemimpin yang baik harus mengedepankan kemampuan understanding, empathetic, berpikir visioner, communicator, problem solver, dan memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi.
  • Asah komunikasi yang baik dan efektif, sehingga akan memudahkan proses staff management dalam mengelola karyawan. 
  • Dengarkan secara aktif untuk memahami apa yang disampaikan oleh karyawan. Biasakan diri untuk mendengarkan karyawan, termasuk juga membangun trust and mutual respect, rutin memberikan feedback, hingga membuat karyawan merasa bernilai di perusahaan.
  • Beri kesempatan seluas-luasnya kepada karyawan untuk mempelajari keterampilan baru yang akan mengembangkan ability mereka. Caranya adalah dengan mempromosikan learning culture untuk menggali pengalaman kerja, mencoba ide inovatif untuk menyelesaikan pekerjaan, serta mendorong kepercayaan diri. Hasilnya, karyawan akan menjadi semakin puas dalam bekerja.
  • Jangan lupa untuk memberikan kritik yang membangun, positif, dan mudah dipahami. Strategi feedback ini membantu manajemen dalam memahami hal-hal yang butuh untuk ditingkatkan, mencarikan solusi, hingga membantu karyawan untuk mengenali problem yang dihadapi.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Cara Menghitung Gaji Karyawan Sesuai Aturan!

Melakukan proses staff management tentunya akan menghadirkan banyak manfaat kepada perusahaan. Tapi perlu dipahami, melakukan hal ini juga akan menjadi sebuah beban dan kendala, kalau perusahaan masih melakukannya dengan cara yang manual. Seiring dengan perkembangan dalam bidang teknologi, saat ini sudah hadir sebuah sistem atau software yang akan memudahkan perusahaan dalam melakukan proses manajemen karyawan.

iSeller punya sistem pengaturan waktu kerja karyawan, yang semuanya terintegrasi dalam satu platform. Apa saja yang bisa kamu lakukan dengan iSeller?

  • Ijin Kontrol Admin. Untuk memperketat izin akses pengguna, Anda dapat menyetel izin untuk membatasi apa saja yang dapat diakses setiap pengguna.
  • Pengelolaan Jam Kerja. Kini, kartu fisik sudah ketinggalan zaman! Berkat pelacak waktu otomatis dari iSeller, setiap karyawan bisa berganti shift dengan mudah, dan waktu kerjanya akan dengan otomatis tersinkronisasi di sistem iSeller.
  • Akses dengan PIN. Risiko pencurian identitas bisa diminimalisir! Karyawan bisa diberikan akses untuk mengubah PIN mereka sendiri dengan mudah, baik dari portal admin maupun dari aplikasi kasir.
  • Fleksibel dan Mudah Digunakan. Membuat akun pengguna untuk karyawan sangat mudah, dan karyawan bisa diberikan akses yang sesuai dengan pekerjaan mereka. Kamu bisa memilih untuk memberikan akses penuh atau akses hanya ke aplikasi POS.

Silakan klik di sini untuk mendapatkan informasi selengkapnya mengenai iSeller.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading