Inspirasi Produk Daur Ulang untuk Bisnis, Cek di Sini! - iSeller Blog

Inspirasi Produk Daur Ulang untuk Bisnis, Cek di Sini!

produk daur ulang

Saat membeli air mineral kemasan dan sudah meminumnya habis, maka botol air minum itu seringkali dianggap tidak berguna lagi. Ini memang menjadi pola pikir dan perilaku sebagian besar orang. Padahal, dengan sedikit kreativitas, bahan bekas seperti ini bisa dimanfaatkan lagi dan bisa menjadi produk daur ulang yang bernilai. 

Ini memang bisa jadi peluang usaha, karena produk daur ulang juga berpotensi punya nilai jual yang tinggi. Selain bahannya yang tidak mahal, campaign terkait kehidupan yang go green bisa mengusung produk-produk daur ulang semacam ini untuk lebih menarik minat beli pelanggan. 

Jika saat ini kamu butuh inspirasi produk daur ulang yang bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan, pastikan kamu simak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Manfaat Melakukan Daur Ulang Barang Bekas

produk daur ulang
Sumber: Freepik

Tentunya ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari melakukan daur ulang barang bekas, bagi manusia dan lingkungan. 

Pertama, daur ulang barang bekas akan mengatasi pencemaran lingkungan dan melindungi kesehatan dengan meminimalisir sistem pembakaran atau landfill. Misalnya, sampah plastik sangat sulit terurai dalam tanah sehingga beberapa cara yang sering dilakukan untuk memusnahkan sampah plastik adalah dengan dibakar dan ditimbun (landfill). Metode pembakaran justru akan menghasilkan asap pembakaran yang berbahaya untuk kesehatan jika terhirup dalam kadar tertentu. Sedangkan jika ditimbun, sampah plastik akan dibiarkan di dalam tanah begitu saja dan bahaya yang ditimbulkan justru akan menjadi lebih besar. Jadi, daur ulang sampah plastik akan menjadi alternatif terbaik yang aman dan tidak merusak lingkungan.

Kemudian, manfaat lainnya adalah dapat menghemat sumber daya alam. Saat sampah plastik didaur ulang kembali, itu artinya tidak perlu ada plastik baru untuk dijadikan bahan baku. Jadi, hasil daur ulang sampah plastik mampu menghemat sumber daya alam karena kegunaannya yang bisa diubah menjadi material baru  untuk industri tertentu.

Daur ulang barang bekas juga dapat meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja baru. Dengan mendaur ulang sampah plastik menjadi biji plastik dan memasarkannya, tentu saja hasilnya akan lumayan. Nah, melalui usaha ini, kamu juga berkesempatan untuk mempekerjakan orang lain dan mengurangi jumlah pengangguran. Menarik, bukan?

Melakukan daur ulang barang bekas juga dapat meningkatkan kreativitas dalam bidang produksi daur ulang. Barang bekas seperti sampah plastik bisa disulap menjadi berbagai macam barang yang memiliki manfaat dan nilai jual. Kamu ditantang untuk selalu berinovasi yang mengandalkan ide dan kreativitas untuk mendaur ulang barang bekas menjadi barang-barang bermanfaat yang bisa dijual kembali.

Baca juga: Ketahui Cara Mencari Penjualan Bersih Dengan Mudah

Inspirasi Produk Daur Ulang untuk Bisnis

produk daur ulang
Sumber: Freepik

Kalau kamu berminat untuk memulai bisnis di bidang daur ulang, kamu mungkin akan terbantu dengan beberapa referensi ide produk daur ulang berikut ini:

  1. Daur Ulang Kertas Bekas. Kamu bisa mengumpulkan kertas dan sulap menjadi kertas baru. Cara memprosesnya adalah mengubah kertas bekas menjadi bubur lalu diratakan tipis-tipis sehingga membentuk produk baru sesuai keinginan.
  2. Daur Ulang Kain Sisa. Ada banyak model kreasi yang bisa dibuat, contohnya kamu bisa membuat selimut dari kain perca, tas, atau bisa jadi sarung bantal.
  3. Kerajinan dari Kulit Telur. Kulit telur merupakan komponen sampah yang cukup signifikan. Meskipun sebagai sampah rumah tangga yang dianggap lebih ramah lingkungan, tapi kamu juga bisa memanfaatkan limbah kulit telur untuk pupuk atau kerajinan tangan. Meskipun bukan sebagai bahan utama, kulit telur bisa menjadi aksesoris untuk menghias perabotan berbahan dasar tanah liat atau keramik. 
  4. Memanfaatkan Kayu Bekas. Kayu bekas seperti bekas peti kayu bisa digunakan untuk bahan membuat perabotan rumah tangga, mulai dari alas tempat tidur, kursi, meja, hingga rak buku, dna lain sebagainya.
  5. Daur Ulang Bahan Plastik. Kamu bisa menggunakan bahan plastik untuk kreasi kerajinan tangan bernilai ekonomis. Misalnya, sesederhana botol plastik yang bisa diubah menjadi pot tanaman. Lalu sendok plastik bekas nasi kotak, kamu bisa memotong bagian kepala sendok dan menjadikannya berbagai kerajinan seperti kap lampu atau pigura cermin. 

Baca juga: 3 Langkah Mudah Membangun Toko Online

Poin-poin di atas hanya referensi beberapa contoh produk daur ulang untuk bisnis. Sebenarnya kalau ditelisik lebih lanjut, ada banyak sekali barang-barang bekas di sekitar yang bisa dimanfaatkan dan bernilai jual tinggi.

Apapun jenis bisnis yang kamu pilih, pastikan kamu sungguh-sungguh dalam menjalankannya. Kabar baiknya, kini kamu bisa mengembangkan bisnis secara lebih mudah dengan platform online terbaik bagi setiap industri, yaitu iSeller. Silakan registrasi sekarang untuk mengetahui info selengkapnya, dan dapatkan kesempatan untuk coba gratis!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading