14 Jenis Kopi yang Populer di Coffee Shop, Cek Formulanya! - iSeller Blog

14 Jenis Kopi yang Populer di Coffee Shop, Cek Formulanya!

jenis kopi

Saat ini, kopi menjadi salah satu minuman yang paling terkenal dan digemari oleh semua kalangan. Tua atau muda rutin mengonsumsi jenis kopi yang beredar di masyarakat. Bahkan, bagi mereka yang bekerja, kopi bagaikan sahabat sejati yang selalu menemani tanpa menimbulkan efek kantuk. Karena telah menjadi budaya tersendiri, muncullah istilah “ngopi” di Indonesia.

Racikan yang khas dan tepat membuat semua orang ingin menikmatinya. Aromanya yang harum juga turut mengundang daya tarik dan membuat pikiran lebih rileks. Minuman berkafein ini menjadi “penyambung lidah” bagi orang-orang yang ingin merekatkan jarak.

Dengan beragam pesona dan kultur masyarakat, industri kafe mengalami perkembangan yang pesat dan positif. Banyak anak muda yang banting setir menjadi pengusaha di bidang F&B minuman kopi atau barista. Ingin berkecimpung di industri kafe? Yuk lihat jenis kopi yang biasa kamu temui di kafe melalui artikel ini!

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Menjanjikan, Ubah Ide Jadi Kenyataan!

14 Jenis Kopi Ala Kafe

Di kafe, Anda akan menemukan berbagai jenis kopi yang menggugah selera dan memanjakan lidah. Setiap jenis kopi memiliki karakteristik uniknya sendiri, mulai dari rasa, aroma, hingga tekstur. Ini dia beberapa macam kopi yang umumnya tersedia di kafe dan mempunyai penggemar tersendiri. Cek daftarnya, yuk!

1. Espresso

Espresso adalah dasar dari hampir semua minuman kopi di kafe. Ini adalah kopi yang diseduh dengan mengekstraksi air panas melalui bubuk kopi menggunakan mesin espresso. Espresso memiliki rasa yang kaya, pekat, dan beraroma kuat. Karena tidak ada campuran lain selain seduhan kopi murni, rasanya sangat pahit.

2. Americano

Americano adalah minuman kopi yang terbuat dari espresso yang dituangkan di atas air panas. Ini menghasilkan minuman kopi yang lebih ringan daripada espresso murni, dengan rasa yang lebih lembut dan sedikit pahit. Americano bisa disajikan dalam keadaan dingin maupun hangat.

Americano muncul pertama kalinya di masa Perang Dunia II di Eropa. Tentara Amerika tidak biasa dengan espresso yang berasal dari Italia karena terlalu pahit dan pekat. Untuk menciptakan rasa yang lebih ringan dan mudah dinikmati, espresso dicampur dengan air panas. Untuk itu, nama kopi ini menjadi Americano.

3. Cappuccino

Cappuccino adalah minuman kopi yang terbuat dari sepertiga espresso, sepertiga steamed milk, dan sepertiga foam susu. Seiring zaman, proporsi klasik ini telah mendapat banyak perubahan tergantung dari preferensi individu atau proses penyajian tiap kafe. Kopi asal Italia Ini memiliki rasa yang seimbang antara kopi, susu, dan busa, dengan tekstur yang kental dan lembut.

4. Latte

Latte terbuat dari dua pertiga steamed milk dan satu pertiga espresso, ditutupi dengan sedikit foam susu di atasnya. Ini adalah minuman kopi yang lembut dan kaya, dengan rasa kopi yang lebih ringan dan rasa susu yang dominan.

5. Mocha

Mocha adalah kombinasi antara espresso, susu, dan cokelat. Ini adalah minuman kopi yang manis dan kaya, dengan rasa kopi yang mendominasi namun disertai dengan sentuhan manis dari cokelat.

6. Macchiato

Macchiato adalah espresso yang “ditandai” dengan sedikit foam susu di atasnya. Ini adalah minuman kopi yang kuat dan beraroma, dengan sentuhan lembut dari susu.

7. Caramel Macchiato

Caramel macchiato adalah inovasi kreatiif dan lezat dari “pendahulunya”, yaitu macchiato. Kehadiran kopi ini menjadi primadona bagi mereka yang menyukai sensasi karamel. Caramel macchiato terdiri dari espresso, susu, busa susu, dan sirup karamel. Berkat kombinasi unik keempat bahan tersebut, caramel macchiato memiliki rasa yang kompleks namun seimbang antara kopi, creamy dari susu, dan manisnya sirup karamel.

8. Flat White

Flat white mirip dengan latte, namun memiliki rasio espresso yang lebih tinggi dan foam susu yang lebih sedikit. Ini adalah minuman kopi yang halus dan kaya, dengan rasa kopi yang kuat namun disertai dengan kelembutan dari susu.

9. Affogato

Bagaimana bila manis dan creamy nya es krim dicampur dengan pekatnya kopi? Affogato jawabannya! Affogato adalah kolaborasi epik antara espresso panas yang dituangkan di atas es krim. Ini adalah minuman kopi yang menyegarkan dan manis, dengan kombinasi unik antara panas dan dingin. Affogato memberikan penikmatnya sensasi berbeda dari sajian kopi lainnya.

10. Cold Brew

Cold brew adalah minuman kopi yang diseduh dengan merendam bubuk kopi dalam air dingin selama beberapa jam atau semalam. Itulah mengapa minuman kopi ini punya rasa yang ringan, segar, dan rendah asam. Cold brew banyak dinikmati dingin tanpa tambahan es batu. Bisa juga ditambah susu atau air untuk mendapatkan konsistensi kekentalan dan rasa yang sesuai selera.

11. Long Black

Kopi ini lahir di Australia dan Selandia Baru. Kepopulerannya sudah menyebar ke berbagai tempat di seluruh dunia. Long black terbuat dari espresso yang ditambah air panas. Komposisinya sama dengan Americano. Namun, rasanya lebih intens karena air panas langsung ditambahkan ke dalam espresso, bukan sebaliknya.

12. Kopi Tubruk

Kopi tubruk merupakan salah satu minuman kopi yang paling sederhana dan populer di Indonesia. Cara membuatnya cukup mudah, dengan mencampur bubuk kopi bersama air panas dan gula (jika diinginkan), kemudian disaring. Kopi tubruk memiliki rasa yang kaya dan pekat, dengan sedikit ampas kopi yang tetap ada di dalamnya.

13. Es Kopi Susu

Es kopi susu adalah minuman kopi dingin yang disajikan dengan susu kental manis dan es. Kopi susu ini memiliki rasa yang seimbang antara kopi yang kuat dan manisnya susu kental, dan seringkali ditambahkan dengan sirup gula untuk menyesuaikan tingkat manisnya.

14. Kopi Luwak

Salah satu jenis kopi yang paling terkenal dari Indonesia. Kopi ini dikenal sebagai kopi termahal di dunia karena proses produksinya yang unik, yaitu kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang telah dimakan, difermentasi, dan dikeluarkan oleh musang luwak.

Tren Industri Kafe di Indonesia

Sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki kondisi geografis dan iklim yang mendukung untuk pertumbuhan kopi yang optimal. Data yang dihimpun oleh TOFFIN dan Majalah MIX MarComm pada Agustus 2019 menyebutkan, bahwa jumlah gerai kopi di Indonesia mencapai lebih dari 2.950 kedai. Jumlah ini terus meningkat ditengah tren dan peningkatan pendapatan masyarakat. Beberapa faktor yang menunjukkan perkembangan industri kopi di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Produksi

Produksi kopi Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Negara ini terkenal dengan berbagai varietas kopi unggulnya, seperti Kopi Arabika dan Kopi Robusta, yang ditanam di berbagai daerah seperti Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, dan Papua.

2. Ekspor Kopi

Indonesia merupakan salah satu eksportir kopi terbesar di dunia. Kopi Indonesia diekspor ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Eropa, dan negara-negara lainnya. Ekspor kopi memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

3. Peningkatan Konsumsi di Pasar Lokal

Selain sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, Indonesia juga memiliki pasar konsumen kopi yang besar. Peningkatan pendapatan masyarakat dan perubahan gaya hidup telah mendorong peningkatan konsumsi kopi di dalam negeri.

4. Inovasi Produk

Industri kopi Indonesia terus mengalami inovasi dalam hal pengolahan, pemrosesan, dan penyajian kopi. Produsen kopi lokal mulai mengembangkan produk-produk kopi berkualitas tinggi dengan berbagai varietas dan rasa yang unik, menyesuaikan dengan selera pasar yang semakin beragam.

5. Peningkatan Kesadaran akan Kualitas

Banyaknya peminat kopi di Indonesia mencerminkan peningkatan kesadaran akan kualitas kopi. Konsumen kopi di Indonesia semakin paham perbedaan antara kopi berkualitas tinggi dan kopi biasa, dan semakin mengapresiasi kopi dengan rasa yang khas dan asal-usulnya yang berharga.

Baca Juga: Simpel, Ini 6 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Cafe

Sama seperti jenis kopi, bisnis di industri kafe membawa aroma segar bahwa pengusaha dan pecinta kopi di Indonesia. Selain pengembangan resep minuman dan makanan, pengelolaan kafe juga perlu kamu perhatikan, seperti melacak jumlah penjualan, pelanggan, dan pengaturan inventaris. Terlebih lagi ketika bisnismu sudah masuk ke ranah yang lebih luas dan punya banyak cabang.

Mau sukses mengelola bisnis seperti Kopi Janji Jiwa? Pakai iSeller F&B Premium!

Di mana kamu dapat merasakan kemudahan bisnis khususnya bidang F&B melalui sistem POS canggih terbaru dari iSeller F&B Premium! Perangkat ini punya fitur yang canggih dan unggul yang bisa digunakan pemilik bisnis F&B baik penjualan online maupun offline.

Pelayanan resto kamu jadi makin cepat dan transaksi juga semakin mudah! Jadi bikin pelanggan merasa nyaman dan balik terus ke restomu, deh.

Yuk, COBA GRATIS sekarang juga!

Atau bisa hubungi Tim Support iSeller untuk informasi lebih lanjut mengenai iSeller F&B Premium.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading