Kenali Macam-Macam Digital Wallet dan Sederet Kelebihannya - iSeller Blog

Kenali Macam-Macam Digital Wallet dan Sederet Kelebihannya

digital wallet

Digital wallet alias dompet digital sejatinya adalah bentuk financial technology (fintech) yang menjadi alternatif pembayaran dengan memanfaatkan media internet. Aplikasi digital wallet juga bisa diunduh secara gratis di smartphone sehingga siapa saja bisa menggunakannya dengan mudah.

Kehadiran digital wallet sangat menguntungkan para pelaku bisnis, terutama mereka yang punya bisnis online. Bahkan saat ini, bisnis offline juga sudah banyak yang menyediakan QR code untuk kemudian dipindai dengan menggunakan digital wallet.

Dengan digital wallet, pelanggan jadi punya metode pembayaran yang lebih variatif, sehingga mereka pun jadi bisa menyesuaikan metode pembayaran yang diinginkan dengan kebutuhan mereka. 

Yuk, Kenalan dengan Macam-Macam Digital Wallet!

digital wallet
Sumber: iSeller

Sebagai salah satu fintech, dompet digital sangat berguna untuk menyimpan uang secara digital yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi baik online maupun offline dengan menggunakan QR code. Tak heran, jika dompet digital ini banyak dipilih dan digunakan karena dinilai lebih praktis.

Aplikasi dompet digital ini pun punya fungsi yang beragam, tidak hanya sebagai alat pembayaran saja tapi juga digunakan sebagai alat untuk memverifikasi terhadap suatu aktivitas jual beli. 

Ada beberapa macam dompet digital yang cukup populer di Indonesia, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. GoPay. Mulai dari transportasi online, pengisian pulsa, pembayaran tagihan, pemesanan atau pembayaran makanan, hingga jasa pengiriman, dan lainnya bisa dibayarkan dengan Gopay. Untuk melakukan top-up tidaklah sulit, karena pengguna bisa menggunakan beberapa metode, seperti mobile banking, internet banking, ATM, atau lainnya.
  2. OVO. Selain untuk pembayaran online, OVO juga bisa diandalkan untuk pembayaran secara offline dengan menggunakan QRIS yang tersedia di tempat-tempat yang sudah bekerja sama dengan OVO.
  3. DANA. DANA punya keunggulan tersendiri, di mana aplikasi ini sudah terhubung dengan data dari pihak Kependudukan dan Catatan Sipil sehingga mampu meyakinkan pelanggan untuk menggunakan digital wallet ini.
  4. LinkAja. LinkAja adalah produk gabungan yang terdiri dari beberapa perusahaan di Indonesia, di antaranya adalah Telkomsel, Pertamina, dan HIMBARA (Himpunan Bank Milik Negara).
  5. Jenius. Bank BTPN juga merilis Jenius sebagai cara baru mengatur Life Finance penggunanya. Jenius juga dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti Save It, Send It, Pay Me, Split Bill, bahkan eCard
  6. iSaku. Dompet digital ini juga sering digunakan untuk melakukan transaksi, mulai dari membayar belanja di merchant, tarik tunai, transfer, hingga membayar tagihan, dan lainnya. iSaku adalah aplikasi dompet digital dari Indomaret yang telah disetujui Bank Indonesia.
  7. Sakuku. Sakuku adalah jenis digital wallet yang dikeluarkan oleh Bank Central Asia (BCA).

Selain daftar di atas, sebetulnya masih ada banyak macam digital wallet yang juga banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Kalau kamu, biasanya lebih suka pakai digital wallet yang mana?

Baca juga: Optimalkan VIP Member untuk Tingkatkan Performa Marketing!

Manfaat Digital Wallet untuk Pemilik Bisnis

digital wallet
Sumber: iSeller

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pebisnis jika menyediakan metode pembayaran melalui digital wallet, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pembayaran menjadi lebih cepat, karena kamu tidak perlu menyiapkan uang tunai untuk kembalian mengingat pembayaran dilakukan secara online dan otomatis. Karena berbasis elektronik, kamu juga jadi lebih mudah untuk mengecek transaksi yang berlangsung. Semua transaksi tercatat dalam sistem penyimpanan secara otomatis, sehingga kamu bisa mengeceknya kapan saja saat kamu butuhkan.
  • Dengan menyediakan dompet digital sebagai salah satu metode pembayaran bisnis, kamu tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan promosi. Sebab, penyedia layanan dompet digital sering memberikan promo berupa diskon maupun cashback, sehingga kamu hanya perlu memberikan informasi perihal promo itu kepada para pelanggan.
  • Dengan dompet digital, kamu dapat mengurangi tindak kejahatan peredaran uang palsu. Hal ini karena teknologi uang digital yang tersimpan di dalam digital wallet terjamin aman dan masih sulit ditembus keamanannya.

Baca juga: Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Retail, Kamu Harus Paham!

Digital wallet akan membantu meningkatkan efisiensi pembukuan keuangan bisnis. Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, aplikasi digital wallet dilengkapi dengan fitur riwayat transaksi sehingga memungkinkan kamu bisa mengecek semua transaksi pada tanggal dan jam tertentu.

Dengan adanya fitur itu, maka proses pembukuan menjadi lebih ringan dan minim kekeliruan, sekalipun pembukuannya dilakukan secara manual. Tidak hanya itu saja, proses rekonsiliasi data juga bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, bisa disimpulkan bahwa penggunaan digital wallet memberikan manfaat signifikan untuk bisnis. Metode pembayaran bisnis ini juga bisa membantu kamu dalam menyusun anggaran secara lebih akurat, lho. Dengan begitu, kegiatan bisnis kamu bisa berjalan sesuai target.

iSeller bisa kamu optimalkan sebagai satu pintu untuk semua pembayaran bisnis kamu. Yuk, mulai terima semua tipe pembayaran digital secara offline dan online, dan tingkatkan omset penjualan kamu.

iSeller Pay, solusi pembayaran terlengkap yang cocok untuk segala jenis usaha. Kamu bisa menikmati keunggulan iSeller Pay dengan semua kemudahan dan fasilitasnya, langsung saja klik di sini untuk registrasi dan COBA GRATIS!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading