Kenali Manfaat dan Cara Menghitung Market Value Added yang Tepat - iSeller Blog

Kenali Manfaat dan Cara Menghitung Market Value Added yang Tepat

Market Value Added Adalah

Tahukah kamu, bahwa market value added bisa membawa bisnis pada peluang pasar yang lebih besar dan peningkatan pelanggan yang lebih loyal? Tapi, tentu saja penerapannya haruslah tepat pada target, serta harus sesuai dengan kebutuhan maupun keinginan pelanggan.

Memberikan nilai tambah ke dalam suatu produk akan memberikan manfaat bagi bisnis maupun perusahaan, di antaranya adalah dapat memasang harga yang lebih tinggi, membuat produk terlihat lebih menonjol, dan menciptakan efisiensi biaya untuk jangka panjang. 

Market value added merupakan sebuah istilah yang mendeskripsikan nilai ekonomi yang ditambahkan ke suatu produk atau layanan jasa yang ditawarkan ke pelanggan. Penambahan ini perlu dilakukan dengan tujuan supaya bisa membuat produk lebih menonjol sehingga perusahaan bisa meningkatkan harga jual.

Lantas, bagaimana cara menciptakan market value added pada produk atau layanan? Tenang, kamu akan segera menemukan jawabannya melalui ulasan di bawah ini. Simak sampai akhir, ya!

Manfaat Market Value Added bagi Perusahaan

Market Value Added Adalah
Sumber: Freepik

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu memberikan nilai tambah alias market value added adalah sebagai berikut:

1. Bisa Memasang Harga Lebih Tinggi

Sebuah produk atau layanan yang bernilai tinggi tentunya akan memiliki harga yang tinggi pula. Harga yang tinggi inilah yang akan memberikan lebih banyak keuntungan bagi perusahaan jika memang mampu menjual produk tersebut dalam jumlah banyak.

2. Produk Akan Lebih Menonjol

Bertambahnya nilai suatu produk, baik dari segi kualitas, fungsi, maupun layanan pasti akan membuat produk tersebut lebih unggul dan menonjol dibandingkan produk dari kompetitor sejenis. Secara tidak langsung, hal inilah yang akan membuat para pelanggan lebih tertarik pada produk karena keunggulan dan juga keunikannya.

3. Efisiensi Biaya Jangka Panjang

Produk yang bernilai tinggi akan membantu bisnis dalam membuka peluang pasar, dan bahkan menguasai pasar lewat keunggulan dan keunikannya. Saat upaya penambahan nilai berhasil, maka hal itu juga akan menciptakan pelanggan yang loyal. Dengan begitu, bisnismu akan mampu menghemat biaya iklan dan kegiatan promosi lainnya saat nanti meluncurkan produk baru di masa mendatang.

Baca juga: 4 Strategi Marketing Masa Kini Untuk Bisnis Retail

Contoh Penerapan Market Value Added

Market Value Added Adalah
Sumber: Freepik

Kamu harus tahu nih, ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan dalam menciptakan nilai tambah suatu produk maupun layanan jasa. Apa sajakah itu?

  • Pertama, kamu bisa menyediakan fitur tambahan mulai dari kualitas, fungsi, hingga tampilan. Tapi ingat, fitur-fitur tambahan ini harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, ya! Dengan begitu, mereka akan bersedia untuk membayar ekstra.
  • Kedua, kamu bisa menawarkan layanan kenyamanan atau kustomisasi. Di era serba praktis seperti saat ini, kebanyakan konsumen lebih memilih produk atau jasa yang memudahkan mereka, baik dari segi pembelian atau penggunaan produknya. Jadi, kamu cobalah untuk menghemat waktu pelanggan dengan menawarkan layanan pengiriman gratis ke alamat tujuan.
  • Selanjutnya, kamu perlu membangun merek yang kuat diingatan pelanggan untuk mendorong loyalitas merek. Semakin banyak pelanggan yang loyal, pasti akan semakin tinggi pula peluang kamu untuk menjual produk.
  • Kemudian cara lainnya adalah iklan untuk mempromosikan produk kepada konsumen potensial. Jika kamu berhasil mempengaruhi konsumen, maka bisnis akan mendapatkan banyak pelanggan baru yang tertarik terhadap produk yang diiklankan.
  • Cara penerapan market value added lainnya adalah menawarkan promosi penjualan. Promosi penjualan ini bisa dilakukan melalui banyak cara, salah satunya adalah dengan memberikan kupon diskon pembelian untuk menarik lebih banyak orang mengunjungi toko.

Baca juga: Integrasi Marketplace, Kelola Semua Channel jadi Satu

Penting untuk dipahami, bahwa harga jual yang tinggi pasti akan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi pula bagi perusahaan. Tapi wajib diingat, produk harus dipastikan terjual di masyarakat dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, kamu perlu memastikan penciptaan nilai tambah sesuai dengan kebutuhan serta keinginan masyarakat.

Adapun proses penciptaan market value added pasti akan memakan biaya produksi yang lebih banyak. Dalam hal ini, kamu harus mencatat semua pengeluaran yang dilakukan ke dalam pembukuan. Tapi tak perlu khawatir, karena untuk memudahkan proses pembukuan ini kamu bisa mengandalkan iSeller. Berbagai macam fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap dan bisa diakses kapan dan di mana saja.

Kamu bisa dengan cepat melihat bagaimana toko kamu berkembang, produk apa yang paling banyak terjual, hingga mendeteksi inventori dengan stok rendah, berkat laporan yang komplit dan profesional dari iSeller.

iSeller juga sangat mudah digunakan sehingga akan membantu proses pengelolaan serta pembuatan laporan keuangan menjadi jauh lebih cepat, akurat, dan otomatis. Ingat, sistem laporan otomatis akan mempercepat proses pembuatan laporan berdasarkan data realtime kapan saja kamu butuhkan. Jadi, tak ada alasan kamu tidak mengandalkan iSeller dalam hal ini!

Bagaimana, apakah kamu semakin tertarik untuk menggunakan iSeller? Jika iya, silakan klik di sini dan nikmati COBA GRATIS iSeller.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading