Kuasai 3 Tips Menyusun Laporan Penjualan untuk Bisnis Kamu - iSeller Blog

Kuasai 3 Tips Menyusun Laporan Penjualan untuk Bisnis Kamu

laporan penjualan

Bagi kamu yang baru menjalankan bisnis dagang, kamu wajib untuk membuat laporan penjualan agar bisa memantau banyaknya barang yang sudah terjual. Adanya laporan juga akan memudahkan kamu dalam mengetahui transparansi keuangan bisnis yang sedang kamu jalankan. Kamu bisa menggunakan hal ini untuk membuat kebijakan atau menyusun strategi bisnis sehingga bisa meningkatkan penjualan.

Supaya bisa mengetahui perkembangan bisnis, kamu harus membuat laporan penjualan secara berkala. Sudah tahu fungsi dan cara membuatnya, belum? Untuk kamu yang belum mengetahuinya, baca ulasan di bawah ini sampai akhir, ya!

Apa Itu Laporan Penjualan?

laporan penjualan
Sumber: Freepik

Laporan penjualan (sales report) adalah dokumen yang menggambarkan berapa banyak penjualan yang dilakukan suatu bisnis setiap hari, mingguan, atau bulanan. Dokumen ini bisa digunakan untuk melacak key performance indicator (KPI), yang mengukur kemajuan penjualan bisnis.

Laporan penjualan sangat penting karena meningkatkan kesadaran akan kinerja bisnis kamu secara keseluruhan. Berikut ini adalah manfaat laporan penjualan untuk keberlangsungan bisnis kamu:

  • Salah satu manfaat dibuatnya sales report adalah bisa membantu kamu dalam membuat keputusan bisnis. Laporan ini bisa memberikan kamu gambaran yang jelas mengenai aktivitas penjualan yang telah diselesaikan. Sehingga kamu bisa menentukan fokus penjualan yang lebih spesifik. 
  • Manfaat pembuatan sales report selanjutnya adalah bisa memotivasi tenaga penjualan sehingga mereka lebih produktif.
  • Penyusunan sales report juga bisa membantu bisnis dalam menghemat waktu dan tenaga. Kamu tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mengejar prospek yang sekiranya kurang menguntungkan.
  • Laporan hasil penjualan yang kamu buat juga akan memberikan gambaran mengenai kondisi keuangan bisnis saat ini.
  • Pembuatan sales report bisa membantu kamu dalam mengoptimalkan saluran penjualan mana yang harus diprioritaskan dan mana yang sebaiknya ditinggalkan.
  • Dengan dibuatnya sales report, maka bisnis kamu dapat mengidentifikasi kebutuhan pelanggan yang berbeda dan mengatasinya dengan solusi yang ditargetkan secara lebih tepat.
  • Manfaat lainnya adalah bisa menunjukkan kredibilitas bisnis, karena laporan keuangan yang transparan dan akurat bisa menjadi tanda bahwa sebuah bisnis menjalankan operasinya dengan baik. Dengan begitu, operasional sebuah bisnis akan lebih dipercaya oleh para pelanggan.

Baca juga: Lihat 6 Tips Kelola Cash Flow dengan Bijak di Sini!

Tips Menyusun Laporan Penjualan

laporan penjualan
Sumber: Freepik

Untuk mulai menyusun sales report, kamu harus memerhatikan langkah-langkah berikut ini:

1. Menentukan Tujuan Laporan Penjualan

Membuat laporan penjualan harus diawali dengan menentukan tujuan dari membuat pembukuan tersebut. Kamu bisa membuat sales report mulai dari laporan harian, mingguan, dan bulanan. Saat akan membuat laporan, kamu juga wajib tahu siapa saja yang akan menerimanya.

Dengan memerhatikan beberapa hal tersebut, kamu jadi lebih mudah dalam membuat laporan sesuai dengan kebutuhan. Selain bisa digunakan untuk melihat untung rugi, laporan tersebut juga bisa menjadi pijakan perusahaan dalam membuat kebijakan di masa yang akan datang.

2. Mencatat Semua Bukti Transaksi

Sebelum membuat laporan, kamu perlu mengumpulkan semua bukti transaksi, nota, faktur, dan sejenisnya terlebih dahulu. Setelah itu, catat semua bukti tersebut agar bisa mendapatkan keterangan yang jelas dan sesuai. Pastikan juga bahwa kamu mencatat sesuai dengan urutan tanggal agar lebih rapi dan mudah membacanya, ya!

3. Mulai Membuat Laporan Penjualan

Kalau kamu sudah menyelesaikan langkah pertama dan kedua, maka kamu bisa segera menyusun laporan penjualan. Untuk menyusunnya, kamu juga memerlukan laporan laba rugi, arus kas, serta neraca keuangan. Jika semua yang kamu perlukan sudah lengkap, tinggal memasukkan data-data yang ada sesuai dengan kolom debit atau kredit. Cukup mudah, kok!

Baca juga: Kenalan dengan Trade Marketing dan 7 Tips Menyusunnya

Tak perlu pusing membuat laporan penjualan, serahkan saja pada iSeller. Dengan iSeller, hilangkan asumsi di dalam bisnis Anda! Baik saat kamu ingin mencari informasi detail dari bisnis kamu, atau hanya ringkasan performa bisnis, kamu bisa mendapatkan semua informasi yang kamu butuhkan dengan cepat dan mudah.

Memangnya, Apa Saja Keunggulan iSeller?

iSeller dilengkapi dengan fitur laporan dan analitik yang akan memudahkan kamu dalam menjalankan bisnis. Dengan laporan yang komplit dan profesional, kamu bisa melihat bagaimana toko kamu berkembang, produk apa yang paling banyak terjual, dan mendeteksi inventori dengan stok rendah  secara cepat.

Menariknya lagi, kamu juga bisa menambahkan dimensi dan metrik ke laporan kamu. Matriks yang penting di antaranya adalah mengerti bagaimana pelanggan kamu berbelanja, performa karyawan, seberapa lama barang terjual, dan seberapa banyak diskon yang tersedia digunakan. Semua matriks ini bisa kamu tambahkan ke dalam laporan dengan cepat dan mudah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan variasi filter yang luas untuk mendapatkan laporan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa dengan mudah memantau performa dari bisnis, kategori produk, koleksi, serta metriks toko, secara sangat detail. Yang terpenting, semua laporan bisa diekspor untuk analisa lebih lanjut menggunakan aplikasi pilihan kamu, atau bisa langsung dikirim ke akuntan kamu.

Registrasi sekarang untuk menikmati semua fitur unggulan dari iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading