Manfaat Pelatihan Karyawan untuk Bisnis Jangka Panjang - iSeller Blog

Manfaat Pelatihan Karyawan untuk Bisnis Jangka Panjang

Bisnis yang hebat menjadi hasil dari kolaborasi sistem yang solid, konsep yang matang, eksekusi yang konsisten, dan karyawan yang berkualitas. Ini kenapa kamu perlu memberikan pelatihan karyawan, agar kemampuan yang mereka miliki dapat terus berkembang dan menjadi aset untuk bisnismu

Mungkin saja hal ini sudah ada di benakmu sejak lama, tapi masih belum dapat terlaksana karena satu dan lain hal. Salah satu hal yang biasanya jadi penghambat adalah ketidaktahuan pada cara efektif melakukan training dan pengembangan untuk karyawan.

Tentu saja, kamu bisa mendapatkan tips mengenai pelatihan karyawan di artikel ini, setelah kita bahas manfaatnya secara singkat.

Baca Juga: Paham tentang Customer Relationship Manager, Ini Penjelasannya!

Manfaat Memberikan Pelatihan Karyawan

pelatihan karyawan

Pelatihan kerja pada karyawan sendiri bisa memberikan value lebih besar pada masing-masing SDM yang kamu punya di dalam bisnis, sehingga bisa dikatakan hal ini semacam investasi jangka panjang. Semakin baik kualitas SDM yang ada di sebuah bisnis, maka kemajuan bisnis tersebut semakin mudah tercapai.

Manfaatnya tidak berhenti pada sisi karyawan saja, dan selengkapnya akan dapat kamu cermati pada masing-masing poin berikut ini.

1. Manfaatnya untuk Karyawan

  • Menambah pengetahuan dan skill yang dimiliki di bidang yang dilatih
  • Meningkatkan rasa percaya diri pada pekerjaan yang dimiliki
  • Meningkatkan kepuasan kerja, karena akan mendapatkan peningkatan capaian dalam pekerjaan
  • Mengurangi waktu yang digunakan untuk belajar hal baru sebab banyak materi diberikan selama pelatihan
  • Memahami pekerjaan dan semakin mengerti budaya kerja di dalam perusahaan
  • Meningkatkan performa kerja secara umum
  • Meningkatkan value diri sendiri sebagai seorang pekerja di posisi dan pekerjaan yang spesifik

2. Manfaatnya untuk Perusahaan

  • Mendapatkan tenaga kerja ahli yang terampil dan bernilai tinggi
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja
  • Meningkatkan produktivitas secara umum
  • Mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan karena kesalahan atau rekrutmen tenaga ahli
  • Meningkatkan kualitas hasil kerja
  • Meningkatkan keuntungan secara umum dalam penjualan produk dan capaian target lain

3. Manfaatnya untuk Manajer

  • Memiliki karyawan yang ber-skill tinggi
  • Dapat mendelegasikan tugas dan tanggung jawab pada karyawan
  • Terbebas dari hal-hal kecil yang tidak relevan untuk ditangani yang seharusnya porsi kerja karyawan
  • Pekerjaan yang dimiliki dapat berjalan lancar
  • Menunjang kenaikan karir yang dimiliki

Jadi, pelatihan karyawan tidak hanya memberikan dampak baik untuk karyawan saja, tapi untuk perusahaan dan para manajer. Tidak heran jika cukup banyak perusahaan yang telah sadar akan manfaat ini, dan mulai memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dari bisnisnya bukan?

Lalu Bagaimana Cara Melakukannya dengan Benar?

pelatihan karyawan

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa karyawan yang Anda miliki merupakan orang dewasa, dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda-beda. Maka dari itu, perlu dirumuskan sebuah formula belajar yang menarik, unik, dan bernilai untuk mereka.

Setidaknya ada enam langkah yang bisa kamu jadikan acuan dalam memberikan pelatihan kerja untuk karyawan yang ada di perusahaan.

1. Pertama dan Utama, Apa yang Perusahaan Butuhkan?

Meski yang dilatih adalah karyawan, tapi hal ini harus tetap sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Maka dari itu kamu harus tahu apa yang sedang menjadi kebutuhan bisnis untuk saat ini dan beberapa waktu yang akan datang. Tentukan pelatihan sesuai kebutuhan, dan berikan materi pada karyawan agar mereka bisa membantu kamu mencapai target yang ditentukan.

2. Kembangkan Potensi Karyawan

Setelah bekerja sekian lama di dalam perusahaan, tentu kamu sudah mengenal karyawan yang ada. Setidaknya, hal ini bisa dilihat dari sistem pengelolaan karyawan atau HR yang dimiliki. Akan tampak potensi yang mereka miliki.

Dari sini kamu bisa membuat pelatihan yang bertujuan mengembangkan potensi yang ada, tapi tetap dalam koridor memudahkan perusahaan dalam mencapai targetnya.

3. Sesuaikan Anggaran

Penting untuk melakukan analisis yang tajam untuk urusan anggaran pelatihan. Memang, pelatihan karyawan pada akhirnya memberikan nilai ‘investasi’ untuk bisnis. Tapi jika ROI yang kamu hitung tidak masuk akal, maka hal ini akan percuma.

Sesuaikan pelatihan dengan anggaran yang ada, dan pilih materi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan. Semakin tajam analisis ini, maka semakin efektif pula penggunaan dana yang kamu punya.

4. Cara Penyampaian yang Beragam

Untuk menghindari kebosanan, pastikan kamu memilih metode penyampaian yang beragam dan menarik. Materi di ruangan, contoh kasus yang relate dengan para karyawan, games, atau bisa dengan acara outing kantor.

Cara yang menarik membuat materi pelatihan lebih mudah diserap, sebab manusia belajar lebih baik ketika dalam keadaan bahagia.

5. Lakukan Penilaian Proses Belajar

Untuk bisa melihat progres dari setiap karyawan yang turut dalam pelatihan ini kamu bisa melakukan penilaian dengan KPI yang ditentukan sebelumnya. Idealnya ukuran ini disusun dengan cermat, jadi kamu bisa melihat seberapa besar materi yang berhasil dipahami dan dimengerti oleh setiap karyawan yang turut serta.

6. Lakukan Perbandingan

Catat kinerja karyawan sebelum dan sesudah pelatihan dalam periode waktu yang sama. Misalnya, tiga bulan sebelum pelatihan, dan bandingkan dengan performanya tiga bulan setelah pelatihan. Akan terlihat jelas apakah pelatihan memberikan dampak yang baik untuk mereka.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis yang Menjanjikan dan Tahan Guncangan Ekonomi 

Memiliki sistem pengelolaan karyawan yang baik akan jadi  hal yang mendukung pelatihan karyawan. Pada akhirnya setiap pelatihan yang diberikan akan bertujuan meningkatkan keuntungan dan sales. Jadi untuk memaksimalkan penjualan yang dilakukan oleh karyawan berkualitas, kamu juga wajib menggunakan POS System yang handal, seperti yang disediakan iSeller. Tidak hanya memiliki sistem pengelolaan penjualan yang baik, iSeller juga menyediakan fitur pengelolaan shift kerja karyawan sehingga semua mendapatkan jam kerja yang adil. Optimalkan setiap fiturnya dengan COBA GRATIS sekarang, dan maksimalkan untuk keuntungan bisnismu! 

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading