Menjalankan Bisnis Fashion Jadi Lebih Mudah Berkat iSeller, Buktikan! - iSeller Blog

Menjalankan Bisnis Fashion Jadi Lebih Mudah Berkat iSeller, Buktikan!

bisnis fashion

Kira-kira, bagaimana cara menjalankan bisnis fashion agar berjalan lancar? Tak dipungkiri, produk fashion memang menjadi salah satu produk terlaris setiap tahunnya di pasar online. Tentunya, ini menunjukkan kebutuhan produk fashion di Indonesia yang semakin tinggi. 

Bisnis fashion adalah salah satu ide bisnis menjanjikan, yang menjual berbagai produk terkait fashion, mulai dari baju, celana, jaket, pakaian dalam, jas, hingga aksesoris. Dengan kata lain, produk fashion ini adalah produk-produk yang berfungsi untuk memperindah para pemakainya.

Bisnis fashion merupakan salah satu jenis bisnis yang akan terus berkembang, karena tren fashion yang terus berubah di setiap periode. Selain itu, ceruk pasar di bisnis ini juga cukup banyak, mulai dari target pasar anak muda, pria, wanita, anak-anak, pecinta olahraga, dan masih banyak lagi lainnya.

Tapi jangan terlena dulu, ya! Meskipun peluang sukses menjalankan bisnis fashion tampak gemilang, akan tetapi kemungkinan bisnis ini gagal juga bisa saja terjadi. Ada banyak sekali faktor yang bisa jadi penyebab tersendatnya bisnis fashion di tengah jalan. Nah, supaya kamu bisa sukses dalam berbisnis fashion, penting sekali untuk melakukan persiapan dan cara yang tepat. 

Cara Agar Sukses dalam Bisnis Fashion?

bisnis fashion
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar sukses menjalankan bisnis fashion:

  1. Lakukan Riset Pasar. Sebelum memulai membangun usaha, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan atau permintaan pasar. Tentukan siapa pelanggan bisnismu, supaya kamu bisa lebih mudah dalam proses pemasaran dan menentukan jenis produk yang ingin dipasarkan.
  2. Buatlah Business Plan Berdasarkan Riset. Business plan menjadi salah satu persiapan yang dibutuhkan untuk merencanakan hal-hal seperti seperti anggaran, proses transaksi, pengiriman, sistem retur, dan lain sebagainya. Jika kamu ingin memproduksi produk sendiri, itu artinya akan ada tambahan seperti desain produk, menentukan brand atau merek, serta budget untuk mempromosikan merek milikmu. Tentukan jenis pakaian yang ingin kamu jual dan pelajari jenis bahan yang diminati pembeli saat ini, lalu carilah vendor atau supplier yang terpercaya karena mereka yang akan memproduksi produk bisnis fashion milikmu.
  3. Ikuti Tren. Ingat, menjalankan bisnis fashion sedikit berbeda dengan bisnis pada umumnya karena banyak pelanggan akan terus mengikuti tren yang sedang berkembang saat itu. Jadi, sebagai pelaku bisnis fashion kamu perlu memperhatikan tren yang sedang berkembang. Sebaiknya jangan terlalu banyak menumpuk stok produk jika kamu belum memiliki banyak pelanggan, ya! Kamu pun perlu mengikuti tren mode yang sedang banyak dicari konsumen dan gunakan tren itu sebagai indikator produk yang harus cermati.

Baca juga: 5 Strategi Jitu Meningkatkan Omset Bisnis Online

Strategi Pemasaran Bisnis Fashion yang Tepat

bisnis fashion
Sumber: Freepik

Sama halnya dengan menjalankan bisnis lainnya, dalam berbisnis fashion kamu juga perlu menggunakan strategi pemasaran yang tepat. Kamu bisa melakukan promosi dengan menggunakan online marketing maupun offline marketing, seperti:

  • Membuka toko, baik online maupun offline sebagai tempat transaksi bisnis. Jika kamu belum memiliki cukup modal untuk membuka toko yang besar, mulailah dari yang kecil namun menarik. Gunakan kreativitas untuk mendesain toko, karena toko yang menarik akan dilihat lebih banyak calon konsumen dan tentunya mendatangkan pembeli. 
  • Lalu, kamu juga bisa bekerjasama dengan influencer untuk memperkenalkan produk fashion yang kamu jual. Ini akan menjadikan promosi bisnis lebih menarik, dan jika sebuah fashion item dikenakan oleh orang yang terkenal, maka akan ada banyak orang yang menginginkannya. Dengan begitu, bisnis fashion milikmu akan berjalan dengan lancar.
  • Berikan promo diskon agar para pelanggan lebih sering membeli produkmu dan menjadikan mereka lebih loyal. Cobalah untuk memberikan diskon di hari-hari tertentu, misalnya pada saat hari belanja nasional, hari konsumen, potongan harga saat ulang tahun, atau perayaan lainnya.

Baca juga: 8 Tips Membuka Bisnis Baru

Jika kamu ingin sukses dalam bisnis fashion, kamu harus bisa menerapkan beberapa strategi bisnis di atas. Setelah menerapkan semua cara itu, kesuksesan semakin dekat dan kamu bisa menjadi pengusaha yang sukses. Tapi perlu dipahami, kesuksesan dalam menjalankan usaha akan selalu berkaitan erat dengan masalah keuangan.

Akan mustahil bagi seorang pengusaha untuk memiliki cara atau strategi apapun dalam bisnis kalau tidak diimbangi dengan pengelolaan keuangan untuk mendukung strategi itu. Yuk, jalankan bisnis fashion pakai iSeller!

Dengan iSeller, kamu akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis menggunakan POS System yang handal dari iSeller. Sistem iSeller mampu mengintegrasikan berbagai macam kanal penjualan yang kamu miliki, sehingga semua pelaporan lebih mudah diakses pada satu perangkat saja. Sistem iSeller sangat adaptif pada berbagai jenis bisnis kekinian, langsung saja klik di sini untuk cek informasi selengkapnya!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading