Mudahnya Membuat Product List di Banyak Marketplace dengan iSeller - iSeller Blog

Mudahnya Membuat Product List di Banyak Marketplace dengan iSeller

product list

Apa itu listing produk atau yang juga dikenal dengan istilah product list? Istilah ini sangat lekat dengan e-commerce atau toko online. Halaman product list dapat membantu calon pembeli untuk melihat secara keseluruhan daftar produk yang disajikan oleh sebuah e-commerce atau toko online. Dengan begitu, para calon pembeli dapat menimbang bagaimana mereka akan melakukan pembelian.

Kalau kamu memiliki e-commerce atau toko online, sangat penting untuk mengetahui dan mengaplikasikan product list pada situs web kamu.

Terkait listing produk, ada yang namanya PLP dan PDP, apakah itu?

Pengertian PLP dan PDP

product list
Sumber: iSeller

Product listing page (PLP) adalah halaman khusus yang mencantumkan produk yang tersedia untuk dibeli. Halaman listing produk yang bagus harus mencakup harga, ulasan pelanggan, opsi pembelian, serta gambar dan juga video. Adapun deskripsi menyeluruh dan pertanyaan, termasuk juga jawaban umum mengenai produk juga penting untuk dicantumkan.

Mengingat pembeli online tidak bisa bertanya kepada karyawan toko tentang produk, jadi sangat penting untuk menyertakan semua fitur yang dibutuhkan. Mulai dari opsi pengiriman, detail teknis, hingga ulasan pelanggan, dan lainnya. Oleh karena itu, para pengunjung online bisa memiliki semua informasi yang mungkin mereka perlukan untuk memahami produk dan melakukan pembelian.

Selain PLP, kamu juga perlu tahu mengenai PDP alias product detail page. PDP adalah halaman web online yang memberi tahu calon pembeli mengenai informasi spesifik tentang suatu produk. Informasi spesifik itu di antaranya adalah bahan, material, warna, dan ukuran. Sebuah bisnis harus memberikan informasi sebanyak mungkin mengenai produk kepada calon pembelinya.

Para pengunjung mungkin merasa ragu untuk membeli jika halaman produk terlalu singkat dan kurang detail mengenai produk yang ingin mereka beli. Menyertakan lebih banyak informasi di halaman deskripsi juga akan membantu menarik pengunjung hingga akhirnya melakukan pembelian.

Baca juga: Ini 6 Alasan Kamu Harus Pakai Electronic Payment

Apa Saja Manfaat Halaman Product List?

Berdasarkan penjelasan di atas, kini kamu sudah memahami bahwa halaman listing produk adalah halaman yang memuat produk tersedia untuk dijual. Lalu yang menjadi pertanyaan selanjutnya, apakah halaman listing produk ini bermanfaat bagi e-commerce?

Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari listing produk:

  • Berkat listing produk yang ditempatkan di halaman e-commerce, maka mesin pencari bisa secara akurat menentukan jenis konten yang dimiliki e-commerce. Listing produk menjadi elemen e-commerce, di mana jika tersedia maka mesin pencari segera menentukan bahwa itu adalah bagian komersial, bukan bagian informasi. Jadi, halaman listing produk memiliki peringkat lebih tinggi untuk kueri komersial di mesin pencari.
  • Mesin pencari bisa menentukan apakah situs web berisi konten komersial dan mengevaluasi berbagai barang yang disajikan di dalamnya. Singkatnya, e-commerce akan mengambil posisi terdepan di mesin pencari jika kamu meningkatkan presentasi halaman listing produk.
  • Manfaat lain halaman product list adalah membuat konten di toko online kamu menjadi lebih informatif.
  • Kemudian, keuntungan penting dari product list adalah meningkatkan tingkat pencocokan kueri kunci pada halaman di mana ia berada. 
  • Selain itu, penggunaan product list di e-commerce juga akan meningkatkan jumlah halaman yang diindeks. Selain itu, peningkatan lalu lintas juga bisa mengarah pada peningkatan kualitas, daya saing, dan peringkat yang lebih baik.
  • Dapat meningkatkan kualitas internal link sehingga meningkatkan jangkar dan bobot halaman statis sumber daya. 
  • Untuk penggunaan e-commerce yang lebih nyaman, maka kamu perlu membuat etalase produk. Nah, manfaat product list di sini adalah membuat sistem navigasi jadi lebih ramah pengguna. Hal ini karena product list dengan jelas menampilkan katalog produk dan penggunaan fungsi tambahan, seperti kategori, filter, serta tag. Sehingga dampaknya, akan meningkatkan konversi dan indikator perilaku di e-commerce.

Manfaatkan Fitur Marketplace Listing dari iSeller!

product list
Sumber: iSeller

iSeller memiliki semua fitur untuk membantu kamu dalam menayangkan produk dengan mudah kepada sebanyak mungkin pelanggan di semua marketplace. Dengan menggunakan iSeller, kamu bisa memaksimalkan fitur marketplace listing dan mendapatkan sederet keuntungan:

  • Upload banyak produk sekaligus ke semua marketplace. Dengan fitur manajemen iSeller yang handal, upload produk ke marketplace tidak perlu satu per satu, tapi kamu bisa langsung upload banyak produk sekaligus ke semua marketplace yang diinginkan.
  • Tayangkan produk 10x lebih cepat. Teknologi iSeller mampu mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk mendaftarkan produk kamu. Export produk dari POS ke marketplace jadi bisa dilakukan lebih cepat!
  • Terima atau tolak pesanan, pilihan ada di tangan kamu sendiri. Fleksibilitas dalam menerima atau menolak pesanan, semuanya bisa disesuaikan dengan bisnis kamu.
  • Berjualan akan lebih aktif dengan multi akun. Kamu bisa berjualan tanpa limit! Berjualan di dua, tiga, bahkan empat akun sekaligus, kamu tetap bisa mengelola semuanya lewat satu dashboard iSeller dengan mudah dan ringkas.
  • Perbarui daftar secara massal dengan cepat dan mudah. Jika kamu perlu melakukan perubahan pada semua produk, iSeller akan menautkan daftar produk ke satu katalog terpusat. Kamu hanya perlu melakukan perubahan sekali dan semuanya akan diperbaharui secara otomatis.

Baca juga: 7 Langkah Solid Menyusun Marketing Plan untuk Restoran

Kelola berbagai toko marketplace praktis dalam satu layar, pilih iSeller! Pengelolaan toko kamu di marketplace akan semakin efisien karena bisa dikelola dalam satu layar, mulai dari pengelolaan pesanan, produk, stok hingga chat dari pembeli. Ayo, aktifkan sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading