Optimalkan VIP Member untuk Tingkatkan Performa Marketing! - iSeller Blog

Optimalkan VIP Member untuk Tingkatkan Performa Marketing!

vip member

Untuk memikat konsumen dan membuat pelanggan lama loyal, ada strategi membership marketing yang bisa jadi pilihan. Membership marketing ini adalah bentuk strategi pemasaran yang menggunakan program membership seperti VIP member atau lainnya di dalam prosesnya.

Dalam hal ini, para konsumen akan mendapatkan keuntungan tertentu jika sudah menjadi anggota atau VIP member. Sementara itu, perusahaan jadi bisa mengumpulkan berbagai informasi penting tentang pelanggan mereka.

Adanya program membership seperti ini bisa membantu kamu untuk mempelajari minat, preferensi, dan keinginan konsumen pada produk yang kamu tawarkan. Dengan begitu, kamu akan jadi lebih mudah untuk menciptakan strategi pemasaran terefektif dan merancang produk inovatif sesuai keinginan mereka.

Apa Saja Keuntungan Sistem VIP Member bagi Bisnis?

vip member
Sumber: Freepik

Program VIP Member sering digunakan untuk menarik pelanggan dengan promo-promo menarik yang ditawarkan. Apakah hanya itu saja? Dengan menerapkan program membership dalam bisnis, kamu akan mendapatkan keuntungan tersendiri seperti di bawah ini:

  • Dengan sistem membership yang berdasarkan keanggotaan, pembeli bisa membeli produk menggunakan akses membership sehingga akan mendapatkan harga yang biasanya jauh lebih murah. Dengan banyaknya promo yang menarik, ini akan menarik lebih banyak pembeli yang juga akan tertarik juga untuk menjadi anggota.
  • Saat pelanggan menggunakan akses membership, besar kemungkinan mereka juga akan membeli banyak barang karena memanfaatkan kartu VIP Member untuk mendapat harga produk yang jauh lebih murah. Itu artinya, saat pelanggan menggunakan akses membership untuk membeli banyak produk, perusahaan akan semakin mendapat untung melalui pembelian tersebut. 
  • Lebih mudah dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Status membership perlu diberikan kepada konsumen supaya mereka tetap setia dan tidak pindah ke bisnis pesaing. 
  • Program membership juga bisa jadi media branding. Ketika anggota merasa senang setelah mendapatkan banyak keuntungan dari mengikuti program membership, kemungkinan besar mereka akan menceritakannya kepada orang lain dan dari cerita baik itulah akan tercipta citra baik perusahaan. Sehingga pada akhirnya bisa menarik banyak pelanggan baru.
  • Dengan memberikan akses membership, itu artinya perusahaan secara tidak langsung akan menyimpan data dari para anggota. Data ini sangat berguna untuk menyebarkan informasi mengenai promo menarik suatu produk dengan mudah. Misalnya, kamu bisa mengirimkan email promosi atau mengadakan undian dengan hadiah menarik khusus para anggota. 

Baca juga: Yuk, Optimalkan Keberadaan Dompet Digital untuk Kemajuan Bisnis Kamu!

Fitur Engagement dalam Program Membership

vip member
Sumber: Freepik

Mungkin kamu masih bertanya-tanya, bagaimana cara terhubung dengan pelanggan lewat program membership ini?

Nah, inilah beberapa fitur engagement yang bisa membuat pelanggan semakin loyal dan terkoneksi dengan bisnis kamu!

  • Buatlah proses pendaftaran ataupun pengumpulan poin semakin mudah dengan fitur scan QR code
  • Cara mudah untuk menanamkan konsep loyalty adalah pemberian poin dan stempel untuk setiap transaksi yang mereka lakukan. Dengan begitu, kamu menunjukkan apresiasi untuk pelanggan dan mereka pun senang karena mendapat imbalan atas transaksi yang mereka lakukan.
  • Buatlah bisnis kamu semakin dikenal banyak orang! Pelanggan yang loyal pasti akan merekomendasikan bisnis kamu pada kerabat mereka dengan senang hati dan sukarela. Nah, lewat fitur member get member, kamu bisa memberi reward bagi pelanggan yang mengajak teman mereka menjadi member dalam bisnis kamu. Teman yang mereka ajak pun akan mendapatkan sign-up reward pada saat pertama kali bergabung.
  • Berikan poin atau reward bagi member yang melakukan content sharing atau membagikan informasi tentang bisnis kamu di akun media sosial mereka dan perluas jangkauan bisnis!
  • Bagikan customer survey lewat program membership, sehingga para pelanggan dapat mengisinya langsung dari ponsel di mana dan kapan saja.
  • Kamu juga bisa memberdayakan pelanggan untuk menjadi reseller melalui fitur official member store! Member yang bergabung sebagai reseller bisa mempromosikan produk kamu lewat media sosial atau aplikasi chat, lalu mereka akan mendapatkan pembagian hasil untuk setiap penjualan yang berhasil. Fitur ini membuka sales channel baru yang akan sangat berpotensi semakin meningkatkan revenue bisnis!

Baca juga: Ini 6 Alasan Kamu Harus Pakai Electronic Payment

Sistem membership ini sering digunakan supaya konsumen atau pelanggan mendapatkan berbagai macam promo menarik. Salah satunya adalah kesempatan untuk mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan customer non-member. Ini menjadi satu dari sekian banyak keuntungan yang bisa pelanggan dapatkan dengan menjadi VIP member dari suatu bisnis. Selain menguntungkan bagi para pelanggan, sistem keanggotaan juga menjadi salah satu faktor yang membuat suatu bisnis mempertahankan pelanggan-pelanggannya.

iSeller punya solusi terbaik untuk program membership pada bisnis kamu! Dengan iSeller, kamu bisa mengelola data pelanggan dan buat program loyalti untuk mendorong pelanggan datang lagi dan meningkatkan repeat order. Pelajari lebih lanjut, langsung saja hubungi kontak layanan iSeller sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading