Optimasi Aplikasi Chat Marketplace, Gunakan Produk dari iSeller! - iSeller Blog

Optimasi Aplikasi Chat Marketplace, Gunakan Produk dari iSeller!

aplikasi chat marketplace

Tidak bisa dipungkiri, optimasi marketplace untuk bisnis kekinian memang sudah menjadi salah satu hal wajib. Terlebih, pengelolaan yang dijalankan dengan baik bisa membantu meningkatkan penjualan. Salah satu langkah optimasinya adalah penerapan aplikasi chat marketplace.

Sudahkah bisnis kamu menggunakan aplikasi chat ini? Atau justru, kamu masih belum membuka ‘lapak’ di marketplace?

Nah, artikel ini akan berbicara tentang penggunaan aplikasi chat marketplace untuk menunjang efektivitas dan efisiensi dari ‘lapak’ yang kamu punya ini. Soal fungsi dan cara kerjanya, kamu bisa cermati di sini!

Baca Juga: Optimalkan VIP Member untuk Tingkatkan Performa Marketing!

Fungsi Aplikasi Chat Marketplace

aplikasi chat marketplace

Secara mendasar sebenarnya ada lima fungsi yang bisa dijalankan oleh aplikasi seperti ini. Penjelasan masing-masing poinnya bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Peningkatan Experience Belanja Pelanggan

Secara umum penggunaan aplikasi chat marketplace akan membantu tersedianya komunikasi dengan metode real-time, yang bisa membantu penjual dan pembeli berinteraksi dengan efektif. Jadi, pertanyaan pelanggan bisa langsung dijawab oleh penjual, atau kamu sebagai pemilik bisnis.                                                                                                     

Pengalaman dari pelanggan benar-benar bisa dimaksimalkan, sehingga mereka menemukan model komunikasi yang solutif, ketika memiliki tanda tanya, terkait produk yang kamu tawarkan. Jelas, hal ini akan memberikan nilai plus untuk bisnis yang kamu punya.

2. Jaminan pada Privasi Pelanggan

Salah satu fungsi dari aplikasi ini adalah untuk menjaga privasi pelanggan. Memang, bisnis yang kamu punya bisa mendapatkan data dari pelanggan dengan lebih baik. Tapi data-data ini akan terjamin keamanannya karena sistem chat yang disediakan sudah terlindung.

Di waktu yang bersamaan, pelanggan yang menghubungi kamu juga bisa benar-benar memiliki kendali atas informasi pribadi yang dia punya. Jika mereka tidak ingin membagikan informasi ini, mereka bisa langsung skip pada pertanyaan tersebut tanpa harus mengurangi pengalaman komunikasi yang mereka dapatkan.

3. Mendapatkan Feedback

Jelas dengan aplikasi chat secara langsung dengan pelanggan ini kamu bisa mendapatkan banyak sekali feedback tentang produk, layanan, dan pengalaman yang mereka dapatkan. Data ini berguna untuk peningkatan kualitas pelayanan dan produk secara langsung.

Pengembangan produk dan layanan akan bisa berorientasi pada feedback yang masuk, tapi tanpa menghilangkan nilai utama dari bisnis atau produk. Ingat, feedback bisa berbentuk banyak hal, mulai dari komplain, pujian, pertanyaan, cacian, dan sebagainya. Kamu harus cermat memilah, agar memperoleh feedback bernilai positif untuk bisnis.

4. Meningkatkan Trust

Adanya pertukaran informasi ketika komunikasi berlangsung akan membantu bisnis dan pelanggannya membangun trust. Dengan keterbukaan komunikasi ini, masing-masing pihak akan memiliki dokumentasi jelas bilamana terjadi perselisihan di kemudian hari.

Trust ini akan jadi modal besar bagi hubungan jangka panjang antara bisnis dan pelanggannya, sehingga dapat membuat produktivitas bisnis meningkat.

5. Keterlibatan Pelanggan dalam Transaksi

Fitur aplikasi chat sebenarnya sudah tersedia di banyak marketplace. Penggunanya tidak lagi perlu beralih ke aplikasi atau browser di tab baru untuk melakukan komunikasi dengan bisnis yang dijalankan.

Ketika pelanggan melakukan percakapan sambil mencari produk yang ingin dibeli, kemungkinan penyelesaian pembelian ini akan jadi lebih tinggi. Perhatian tidak terbagi dan fokus akan dapat diletakkan pada transaksi yang berlangsung.

Cara Kerja dari Aplikasi Chat pada Marketplace

aplikasi chat marketplace

Sebenarnya cara kerja dari aplikasi chat marketplace sendiri cukup sederhana. Fungsi yang dijalankan adalah untuk memberikan ruang bagi bisnis agar dapat berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dan efektif.

Kamu bisa melakukan pengaturan pada lapak marketplace yang kamu gunakan, dan menghubungkannya langsung dengan sistem pengelolaan pelanggan yang sudah kamu miliki. Dengan begini, chat dari pelanggan dapat secara langsung masuk ke dalam sistem, dan dibalas menggunakan chatbot (ketika kamu sudah menerapkan fitur ini), dan ditindaklanjuti oleh staf yang bertugas.

Bingung Memilih Aplikasi yang Tepat?

aplikasi chat marketplace

Sebenarnya kamu tidak lagi perlu bingung memilih aplikasi chat marketplace yang tepat untuk bisnis yang kamu miliki. iSeller Chat telah hadir dan siap membantumu, mengelola chat yang ada di lapak marketplace yang kamu punya.

Keuntungan menggunakan iSeller Chat sendiri jelas karena dapat terintegrasi dengan mudah, dan terhubung dengan sistem pemasaran dan pengelolaan penjualan di dalam bisnis. Namun secara lebih detail, berikut beberapa keunggulan yang dapat kamu rasakan.

  • Semua detail terkait percakapan dapat terlihat jelas
  • Produk yang ditanyakan atau terkait dapat secara langsung ditindaklanjuti ke tahap pembelian atau pembayaran
  • Dapat terhubung dengan berbagai marketplace, sehingga memudahkan pengelolaan setiap percakapan yang ada

Dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa dengan mudah melihat penjelasan fitur ini dengan mengklik tautan ini, dan langsung masuk pada artikel penjelasan mengenai pemasangan dan penggunaan dari iSeller Chat ini.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Website Toko Online dengan iSeller 

Itu tadi sekilas pembahasan seputar aplikasi chat marketplace yang bisa dibagikan dalam artikel singkat ini. Cukup bermanfaat untuk bisnis bukan? Dengan penggunaan aplikasi dari iSeller ini, kamu bisa memaksimalkan pengelolaan percakapan dengan pelanggan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan dan konversi penjualan secara signifikan. Segera gunakan iSeller, dan maksimalkan potensi bisnis sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading