Pastikan 4 Skill Ini Ada di Talent Marketing Communication! - iSeller Blog

Pastikan 4 Skill Ini Ada di Talent Marketing Communication!

marketing communication

Kamu perlu orang yang tepat berada di posisi yang tepat, agar dapat memberikan output terbaik untuk bisnis yang berjalan. Salah satu posisi yang memerlukan talent handal di dalam bisnis adalah bagian marketing communication, karena secara praktis orang ini yang akan menyusun langkah strategis bagaimana produk yang kamu punya akan dilihat oleh pasar.

Dalam konteks pekerjaan, marketing communication sendiri adalah setiap pesan dan media yang disampaikan perusahaan dalam usahanya untuk berkomunikasi dengan pasar. Mulai dari iklan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, kegiatan public relation, presentasi, aktivitas online dan sebagainya.

Jelas kamu perlu talent yang benar-benar handal di bidang ini, sebab manfaat dan tugasnya begitu krusial dalam urusan pemasaran.

Baca juga: 10+ Marketing Tools yang Bisa Kamu Gunakan untuk Bisnis

Apa Manfaat dari Kegiatan Ini?

Marketing communication

Penerapan komunikasi pemasaran yang baik bisa membantu bisnis dan produk dalam jangka panjang. Hasil yang muncul juga tidak bisa dilihat secara instan, karena semua pesan yang disampaikan butuh waktu untuk bisa diterima oleh pasar.

Ada beberapa manfaat utama yang bisa kamu dapatkan ketika posisi ini dipegang oleh orang yang tepat.

Soal Brand Awareness

Jika dipegang oleh orang yang tepat, maka brand awareness publik bisa meningkat dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Brand awareness sendiri akan dibangun perlahan namun pasti, sehingga publik bisa dengan mudah mengenali produk ketika muncul di pasar.

Meluruskan Persepsi Pasar

Manfaat yang bisa kamu dapat dengan staf yang tepat adalah bahwa posisi ini bisa membantu perusahaan meluruskan persepsi pasar. Persepsi pasar atas produk atau perusahaan mungkin saja bergeser, dan bahkan salah. Maka marketing communication kemudian dapat memberikan effort agar hal ini kembali diluruskan, dan tidak jadi faktor negatif untuk bisnis.

‘Provokator’ untuk Pelanggan

Dalam artian seorang marcomm yang baik akan dapat memotivasi pelanggan untuk terus melakukan pembelian. Hal ini dilakukan dengan iklan persuasif, pesan yang bersifat mengajak, dan membuat pelanggan merasa membutuhkan produk yang Anda punya dibandingkan dengan produk kompetitor.

Cermati Skill Ini Saat Mencari Staf Komunikasi Pemasaran Handal

Marketing communication

Untuk mendapatkan ketiga manfaat di atas, kamu harus memperoleh staf marketing communication yang memiliki skill lengkap. Well tidak berarti setiap aspek benar-benar menakjubkan, tapi setidaknya ada beberapa skill yang wajib dimiliki agar staf ini bisa memberikan manfaat optimal.

  1. Pertama adalah kemampuan menulis. Diksi yang dipilih dan kombinasi copy yang jitu dapat menyampaikan pesan dengan padat, jelas, namun menarik, sehingga tujuan dari komunikasi pemasaran bisa disampaikan dengan baik. Beberapa contoh kemampuan menulis yang diperlukan antara lain copywriting, SEO, penulisan berbagai bentuk rilisan, hingga riset akan jadi skill yang kamu cari pada diri seseorang.
  2. Kedua, public speaking. Kemampuan ini juga penting karena nantinya tugas yang dijalankan akan melibatkan kemampuan berbicara pada publik secara luas. Tampil percaya diri, bertutur dengan tepat dan intonasi yang cermat, menjadikan posisi ini sebagai ‘wajah’ dari perusahaan Anda.
  3. Ketiga, kepekaan dan empati. Kemampuan ini masuk dalam hal yang sulit dinilai di atas kertas, sebab akan tampak secara jelas dari komunikasi nonverbal yang dilakukan. Hal ini bisa dilatih, namun tanpa bakat alami akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
  4. Keempat, desain grafis. Diantara keempat kemampuan ini, sebenarnya desain grafis merupakan kemampuan tambahan yang tidak wajib dimiliki seorang marcomm. Namun setidaknya terdapat sensitivitas pada visual, sehingga bisa memberikan gambaran umum tentang pesan yang akan disampaikan pada publik.

Cermati Tugasnya, Tentukan Pilihan Tepat dari Penilaianmu!

Marketing communication

Setelah mengetahui manfaat dan skill yang wajib dimiliki seorang marcomm, maka selanjutnya kamu juga harus paham terkait tugas ideal yang harus dijalankan oleh orang yang berada di posisi ini. Sederhana saja, agar tujuan yang dimiliki perusahaan bisa tercapai, dan tugas yang diberikan tetap sejalan dengan kemampuan staf dan kebutuhan perusahaan.

  • Melakukan promosi produk perusahaan. Hal ini bisa berlaku untuk jangka pendek dan jangka panjang, selama sesuai target.
  • Mengiklankan produk melalui berbagai kanal yang sudah ditentukan dengan acuan data yang solid jadi paparan bisa ditujukan ke target pasar yang sesuai.
  • Melakukan pemasaran langsung dengan direct marketing seperti email, dan sejenisnya.
  • Bernegosiasi dengan pelanggan. Komunikasi langsung dengan pelanggan untuk melakukan negosiasi sehingga pelanggan bisa mengambil keputusan pembelian produk.
  • Menjaga hubungan baik dengan pasar dan pihak yang berpotensi menjadi pelanggan.

Baca juga: Ini Dia 7 Strategi Penetapan Harga yang Bisa Kamu Adaptasi 

Tugas dari marketing communication memang bukan tugas yang mudah. Ini kenapa, pemilihan dan seleksi staf untuk mengisi posisi dan divisi ini wajib dilakukan secara ketat. Ketika sudah terpilih nanti, kamu masih harus melakukan monitoring ketat agar performa yang diberikan sesuai harapan.

Dalam mengoptimalkan kinerja marcomm sendiri, kamu bisa memaksimalkan teknologi yang ada saat ini. Seperti teknologi yang ditawarkan oleh iSeller, untuk menunjang bisnis yang kamu jalankan.

iSeller dalam Membantu Kerja Marcomm

iSeller sendiri menyediakan POS System yang lengkap dengan fitur yang dapat menunjang kerja bagian marketing communication. Pada fitur marketing yang tersedia, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam marketing tools yang dibutuhkan untuk mencapai target perusahaan. Dengan begini penyusunan dan eksekusi strategi pemasaran dapat berjalan secara optimal. Segera ajukan COBA GRATIS sekarang, dan maksimalkan semua fitur untuk kemajuan bisnismu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading