Penting! Inilah 5 Metode dalam Menentukan Target Penjualan - iSeller Blog

Penting! Inilah 5 Metode dalam Menentukan Target Penjualan

target penjualan

Sebagian orang mungkin bertanya, kenapa sih menetapkan target penjualan itu penting? Apa fungsi, tujuan, dan manfaatnya bagi bisnis? Lalu, apa dampak negatif yang mungkin muncul, jika sebuah bisnis tidak menetapkan target penjualan?

Pada dasarnya, target merupakan suatu hal yang harus dicapai dalam kurun waktu, metode, dan satuan ukuran tertentu. Sementara itu, target penjualan merupakan unit atau nilai dari suatu produk barang atau jasa yang harus dijual oleh tim penjualan dalam kurun waktu tertentu di area penjualan yang sebelumnya sudah ditentukan.

Selain itu, target penjualan juga bisa diartikan sebagai bagian dari rencana penjualan yang digunakan supaya bisa mencapai target performa dari seluruh tim sales, pemasaran, dan tim distribusi. Dengan adanya target penjualan yang jelas, tim sales bisa berkembang secara baik. 

Hal Penting Sebelum Menentukan Target Penjualan

target penjualan
Sumber: Freepik

Ada beberapa faktor utama perlu diketahui sebelum kamu menentukan target penjualan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Target yang baik adalah target yang pas, realistis, terukur, dan bisa dicapai. Menetapkan target yang terlalu rendah akan berdampak pada kemampuan tim sales yang bisa menurun. Sedangkan menetapkan target terlalu tinggi dan tidak realistis justru akan memunculkan demotivasi dan hilangnya fighting spirit dari tim sales
  • Selain itu, target yang baik juga harus sejalan dengan prediksi pertumbuhan pasar serta rencana pengembangan bisnis ke depan. Sebagai seorang penentu target penjualan, sangat penting bagi kamu untuk menganalisis data-data yang terjadi dalam bisnis kita sehari hari. 
  • Kemudian, target yang baik juga harus berdasar pada unsur-unsur pertimbangan yang realistis. Memang penting untuk mencapai target yang ditentukan, tapi tidak kalah penting juga untuk tetap realistis dalam melihat keadaan yang ada. Dalam artian, saat sebuah target terasa bisa dicapai dengan mengorbankan potensi risiko yang ada, maka penting juga untuk selalu melakukan revisi yang diperlukan. Misalnya, evaluasi dari sisi angka target, atau kebijakan-kebijakan pendukung lainnya demi mempertahankan stabilitas bisnis yang ada.

Baca juga: Perbedaan Pemasaran dan Penjualan Dalam Dunia Usaha

5 Metode dalam Menentukan Target Penjualan

target penjualan
Sumber: Freepik

Menentukan target penjualan yang efektif tentunya akan melibatkan beberapa langkah penting. Target penjualan harus ditentukan atas dasar kemampuan perusahaan dalam menjual produknya, yang tentunya harus sesuai dengan kondisi sumber daya yang ada, termasuk tim penjualan yang terlibat. 

Selanjutnya, kamu bisa menentukan target penjualan dengan metode SMART yang merupakan kepanjangan dari Specific, Measurable, Attainable, Realistic, dan Time Bounded.

  1. Specific, berarti target harus memiliki dasar pencapaian yang pasti dan tidak mengambang. 
  2. Measurable, berarti perusahaan akan bisa mengetahui ukuran ketercapaian dari suatu capaian penjualan yang telah dibuat sebelumnya.
  3. Attainable, target penjualan yang baik harus yang bisa diraih. Perusahaan harus menentukan capaian penjualan yang perlu diyakini oleh seluruh tim bahwa target itu bisa mereka raih pada akhir periode. Jika perusahaan akan menaikkan target, maka harus membuat angka kenaikan yang memang bisa dicapai.
  4. Realistic, target harus dapat ditentukan secara realistis atau wajar. Setiap perusahaan tentunya memang mengharapkan hasil penjualan yang spektakuler, tapi capaian penjualan yang spektakuler haruslah bisa diimbangi dengan kualitas produk atau benefit yang bisa konsumen dapatkan. Tanpa hal-hal itu, sudah pasti target justru akan menyulitkan tim sales. Oleh karena itu, target harus dibuat secara realistis, sesuai dengan kewajaran dan seimbang dengan faktor-faktor lain yang ada di dalam perusahaan.
  5. Time bounded, berarti ada batas berakhir untuk mengukur keberhasilan atas ketercapaian target yang dibuat. Setelah waktu yang ditentukan berakhir, maka perusahaan harus segera menyimpulkan. Jika penjualan tidak mencapai target, maka tim sales tersebut dapat dinyatakan gagal. 

Baca juga: 5 Tips Sukses Bisnis Online Dengan Afiliasi dan Reseller

Salah satu cara yang paling penting untuk mencapai target penjualan adalah memantau atau monitoring, dan melakukan evaluasi. Untuk membantumu dalam kegiatan memantau dan mengevaluasi dari tujuan dan target yang telah ditentukan, kamu bisa menggunakan iSeller yang merupakan satu platform untuk semua kebutuhan bisnis kamu.

Sudah pasti punya fitur yang lengkap dan canggih, iSeller menyediakan dashboard yang berisikan penjualan, pemesanan, dan trend penjualan yang membantumu membuat keputusan yang tepat bagi bisnis yang sedang kamu kelola. Kamu bisa menganalisa grafik statistik bisnis dan penjualan yang terjadi secara langsung untuk lebih mengerti performa bisnismu.

Selain itu, iSeller juga akan menyajikan laporan yang komplit dan profesional. Kamu bisa dengan cepat melihat bagaimana tokomu berkembang, produk apa saja yang paling banyak terjual, dan mendeteksi inventory dengan stok rendah. Semua laporan juga bisa diekspor untuk analisa lebih lanjut menggunakan aplikasi pilihanmu, atau bisa langsung dikirim ke akuntan perusahaan.

Langsung saja klik di sini untuk memilih produk dan fitur iSeller mana yang paling cocok dan dibutuhkan untuk bisnis kamu.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading