Perhatikan! Begini Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku untuk Bisnis - iSeller Blog

Perhatikan! Begini Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku untuk Bisnis

google bisnisku

Google Bisnisku alias Google My Business merupakan sebuah alat gratis yang dibuat oleh Google untuk membantu perusahaan dalam mengelola kehadiran mereka di hasil pencarian dan portofolio utilitas perusahaan yang terus berkembang. Ini memungkinkan kamu membuat cantuman bisnis lokal dan menambahkan informasi yang relevan seperti nama dan kategori bisnis yang akurat, lokasi, jam buka, foto, ulasan pelanggan, pembaruan bisnis, cantuman produk, dan banyak lagi.

Akun Google Bisnisku menjadi alat utama untuk meningkatkan strategi SEO lokal merek kamu, di mana ini memungkinkan kamu untuk mengontrol profil bisnis dan kehadiran online kamu, berkomunikasi dengan pelanggan, dan menghasilkan lebih banyak prospek. Selain itu, ini juga akan membantu perusahaan kamu tampil lebih menonjol di hasil Google Maps dan Panel Pengetahuan, lho!

Memangnya, bagaimana cara mendaftar Google Bisnisku? Caranya cukup mudah, kok! Pastikan kamu simak ulasan di bawah ini sampai akhir, ya!

Cara Daftar Google Bisnisku

google bisnisku
Sumber: Freepik

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mendaftar Google Bisnisku adalah mengakses website Google My Business di https://business.google.com/create. Perlu diketahui untuk Profile Business Google terpisah dengan akun Google My Business, ya! Untuk mendapatkan akses dan mengoptimalkan yang pertama, kamu harus melakukan pengoptimalan dengan memiliki akun Google Bisnisku, lalu mengkonfirmasikan melalui Google untuk menghubungkan dengan Profile Business Google.

Langkah berikutnya, kamu akan diminta untuk melengkapi data seperti nama bisnis, alamat, dan lainnya dengan akurat dan benar. Kelengkapan Profil Bisnis Google kamu akan membantu Google memberikan kamu peringkat lebih tinggi di hasil penelusuran lokal, serta meningkatkan jumlah pelanggan yang mengunjungi profil kamu.

Kemudian kamu bisa menambahkan informasi yang membantu pelanggan menemukan produk yang dicari misalnya, menambahkan kategori-kategori yang sesuai dengan bisnis kamu. Langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi berupa kode yang dikirimkan melalui email yang kamu daftarkan.

Selain itu, kamu bisa menggunakan Pop Up, di mana Pop Up ini akan membantu bisnis kamu terlihat di Google Maps. Kamu juga bisa mencoba mencarinya dengan kata kunci sesuai dengan bidang bisnis atau nama bisnis kamu.

Baca juga: 2 Metode Mengelola Petty Cash yang Benar dalam Bisnis

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku?

google bisnisku
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan Google Bisnisku demi meningkatkan ranking kamu pada mesin pencari Google.

1. Jangan Lupa Verifikasi Lokasi Bisnis!

Kalau ingin bisnis kamu mudah ditemukan pada mesin pencari atau Google Maps, pastikan lokasi bisnis kamu sudah terverifikasi. Selain bisa meningkatkan kemungkinan kamu untuk muncul pada hasil pencarian lokal, memiliki lokasi bisnis yang sudah diverifikasi juga bisa membantu meningkatkan peringkat bisnis di mesin pencari secara keseluruhan.

2. Lengkapi Profil Bisnis

Usahakan untuk mengisi semua kolom yang disediakan untuk memudahkan pelanggan menemukan kamu. Hal ini penting, karena semakin lengkap data yang kamu isi maka akan semakin mudah akun kamu ditemukan. Pastikan nama bisnis sama dengan yang kamu gunakan pada nama toko, dan pastikan nama dan alamat bisnis sama dengan listingan seluruh web bisnis karena algoritma Google akan memperhitungkan ketidakkonsistenan ini saat menilai kredibilitas kamu.

3. Cantumkan Kata Kunci yang Tepat

SEO menjadi salah satu komponen penting dari setiap bisnis yang sukses. Dengan mencantumkan kata kunci yang tepat pada profil bisnis, maka kamu bisa meningkatkan relevansi dan membantu mendorong peringkat kamu pada posisi yang lebih tinggi di pencarian Google.

4. Respon Ulasan dari Para Pelanggan

Semakin banyak ulasan yang kamu miliki, maka akan semakin tinggi pula peringkat kamu pada hasil mesin pencari. Selain itu, semakin banyak ulasan positif yang kamu dapatkan, maka akan semakin banyak pula kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu. Jadi memang penting bagi kamu untuk selalu merespon setiap ulasan pelanggan dengan mengucapkan terima kasih dan meninggalkan umpan balik atas pendapat mereka.

5. Tambahkan Foto yang Paling Menarik

Foto yang menarik dan berkualitas tinggi akan membantu calon pelanggan untuk mengenal lebih banyak tentang bisnis kamu dan memberi mereka gambaran yang jelas mengenai produk atau layanan apa yang kamu tawarkan. Selain itu, mengunggah foto-foto yang berkualitas tinggi juga akan membantu bisnis kamu jadi lebih menonjol dibandingkan kompetitor.

6. Sertakan Informasi Terbaru

Menyertakan informasi yang up-to-date saat terjadi perubahan membantu pelanggan untuk mendapatkan informasi yang tepat. Jika kamu mengubah jam operasional atau detail kontak bisnis, pastikan untuk selalu memperbarui informasi di profil kamu sehingga para pelanggan dapat mengetahuinya. Pembaruan informasi ini juga mencakup hari libur atau pada tanggal-tanggal khusus ketika bisnis kamu sedang tidak bisa beroperasi. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu update informasi terkini mengenai berita, produk terbaru, hingga berbagai penawaran menarik yang sedang berlangsung yang tidak boleh dilewatkan oleh pelanggan.

Baca juga: 10 Langkah Jitu untuk Mengoptimalkan Conversion Rate

Dengan mengoptimalkan profil Google Bisnisku, kamu bisa menarik lebih banyak pelanggan baru melalui penjelajahan alami di penelusuran, bahkan hingga mengarahkan mereka pada lokasi kamu melalui Google Maps. Pada akhirnya, semua ini akan membantu bisnis kamu untuk membangun reputasi yang baik dan meningkatkan loyalitas dan kepercayaan mereka terhadap merek kamu.

Kamu juga bisa mengandalkan iSeller dalam berjualan. Sudah ada banyak pebisnis yang menggunakan iSeller, dan sekarang adalah giliranmu! Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut soal fitur-fitur iSeller!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading