Realtime Report Akan Memudahkan Pengelolaan Bisnis Kamu, Pilih iSeller! - iSeller Blog

Realtime Report Akan Memudahkan Pengelolaan Bisnis Kamu, Pilih iSeller!

realtime report

Di era serba digital seperti sekarang  ini, data dan waktu merupakan dua faktor paling krusial yang bisa menentukan kesuksesan sebuah bisnis atau perusahaan. Bisnis atau perusahaan modern harus mampu memanfaatkan data yang diterima dalam rentang waktu yang sesingkat-singkatnya. Tapi sayangnya, tidak semua perusahaan punya kapasitas untuk melakukan analisa data dalam waktu yang singkat, di mana keterbatasan dari berbagai faktor menjadi tantangannya. Sebenarnya, tantangan ini bisa diatasi dengan memanfaatkan solusi teknologi bernama realtime report.

Realtime report adalah berbagai macam informasi yang bisa diakses secara langsung saat itu juga, di mana jenisnya bisa bermacam-macam. Kemampuan pelaporan data secara langsung seperti ini sudah marak digunakan di berbagai bidang. Salah satu contoh paling sederhana bisa dilihat pada sistem gratis seperti Google Analytics. Mereka sudah mampu memberikan data seputar traffic sebuah website secara langsung. Begitu diakses, maka data-data yang diperlukan otomatis bisa diperoleh.

Kemampuan dalam memperoleh informasi secara langsung sangat diperlukan bagi bisnis. Jadi, kalau kamu tidak mau tertinggal, realtime report harus kamu miliki!

Kenapa Realtime Report Diperlukan?

realtime report
Sumber: Freepik

Supaya bisa bertahan, semua jenis bisnis memang dituntut untuk mampu mengikuti perkembangan zaman. Kini perubahan terjadi begitu cepat, termasuk juga kebiasaan dan keinginan konsumen. Dulu, pelanggan cukup puas dengan layanan pada hari kerja, tapi sekarang mereka ingin dilayani terus selama 24 jam. Bukan cuma itu saja, pelayanan yang diperoleh juga harus cepat dan mudah.

Hal inilah yang mendasari realtime report sangatlah penting bagi bisnis jenis apapun. Sebagai pelaku bisnis, kamu harus mampu mendeteksi perubahan yang terjadi secepat mungkin. Hanya dengan data, semuanya bisa disikapi dengan baik.

Realtime report akan berperan sebagai pemandu bagi sebuah bisnis untuk mengetahui keinginan konsumen secara cepat. Selain itu, data-datanya juga bisa jadi wawasan yang kemudian sebagai dasar pengambilan keputusan. Jika tidak, langkah yang diambil hanya berbasis asumsi dan tentunya ini tidak akan menjamin efektivitasnya.

Aktualitas informasi yang mampu diberikan realtime report juga menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Jika tidak memilikinya, maka bisnis akan selalu tertinggal di belakang kompetitor dan mereka pun tidak mampu mendeteksi perubahan yang terjadi. Sehingga akibatnya semua keputusan yang dijalankan selalu terlambat, dan sudah bisa ditebak kalau efektivitasnya pun juga diragukan.

Realtime report memang sangat diperlukan demi kegesitan dalam menghadapi perubahan yang terjadi. Jika tidak, bisnis atau perusahaan akan selalu terlambat dalam setiap kesempatan untuk mengambil tindakan.

Kamu Bisa Membuat Dasbor Bisnis Bersama

Untuk memperoleh manfaat terbaik dari realtime report, kamu bisa merancang sebuah dasbor bisnis. Ini adalah kumpulan informasi dari berbagai departemen bisnis yang ada dalam satu wadah khusus. Dengan kata lain, dasbor bisnis ini adalah kompilasi berbagai informasi yang dapat diakses secara langsung.

Sebagai gabungan data dari berbagai departemen, dasbor bisnis wajib dirancang dengan simpel dan memudahkan, di mana tampilannya harus mendukung kemudahan pengambilan dan pembacaan datanya. Sebab, informasi yang diperoleh akan dijadikan sebagai basis pengambilan keputusan.

Pembuatan dasbor bisnis bersama dianggap lebih efektif dibandingkan membagi realtime report ke berbagai departemen bisnis. Jika dibagi-bagi, maka data-data yang dihadirkan bisa terlalu banyak dan akhirnya pelaku bisnis bisa kesulitan untuk memilah mana informasi yang paling penting dan tepat. Jika pun setiap departemen memiliki realtime report sendiri, maka data di dalam dasbor bisnis bersama harus menggunakan ukuran standar yang bisa dipahami semua departemen, supaya memudahkan analisis data yang disampaikan.

Baca juga: 10 Alasan Menggunakan Aplikasi Catatan Keuangan

Apa Saja Manfaat Realtime Report bagi Bisnis?

realtime report
Sumber: Freepik

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dipetik jika kamu mau membuat dasbor bisnis realtime, di antaranya adalah:

  • Pemantauan kinerja secara langsung akan menjadi lebih mudah.
  • Kegiatan semua departemen bisnis bisa diselaraskan dengan baik.
  • Penargetan pelanggan bisa dilakukan dengan mudah.
  • Waktu pengumpulan data jadi lebih hemat.
  • Mengikuti perkembangan secara kontinu.
  • Komunikasi internal dan eksternal perusahaan lebih meningkat.

Banyaknya manfaat ini sangat penting bagi perkembangan bisnis, dan banyak hal yang akan terbantu. Jadi, sebagai pelaku bisnis kamu harus mulai menyeriusi pembuatan dasbor bisnis bersama.

Baca juga: Yuk Kenalan dengan 7 Jenis Invoice Tagihan dan Fungsinya!

Pastikan Kamu Memilih iSeller!

Realtime report saat ini sudah menjadi keharusan, yang artinya perusahaan pantang menunda-nunda untuk memilikinya. Ingat, perubahan terjadi dengan sangat cepat, sehingga setiap bisnis wajib mengikutinya.

Sistem laporan otomatis mampu mempercepat proses pembuatan laporan berdasarkan data realtime kapan pun kamu butuhkan. Kamu bisa mengandalkan iSeller!

Dengan iSeller, kamu bisa menghilangkan asumsi di dalam bisnis. Ingin mencari informasi detail dari bisnis kamu atau hanya ringkasan performa bisnis, semua informasi yang kamu butuhkan bisa didapatkan dengan cepat dan mudah.

Dengan laporan yang komplit dan profesional, kamu bisa dengan cepat melihat bagaimana toko kamu berkembang, produk apa yang paling banyak terjual, hingga mendeteksi inventori dengan stok rendah. Selain itu, kamu juga bisa menambah dimensi dan metrik laporan kamu, filter laporan yang fleksibel, hingga ekspor laporan yang mudah. Yuk registrasi dan coba gratis sekarang, klik di sini.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading