Resiko Usaha yang Harus Dihadapi Pebisnis dan Cara Mengatasinya - iSeller Blog

Resiko Usaha yang Harus Dihadapi Pebisnis dan Cara Mengatasinya

resiko usaha adalah

Segala sesuatu pasti ada risikonya, termasuk saat menjalankan suatu bisnis atau usaha. Kira-kira, apa saja resiko usaha yang harus dihadapi oleh pebisnis dan bagaimana cara mengatasinya? Resiko usaha adalah hasil kegiatan usaha yang menunjukkan kerugian dan juga beberapa masalah pada jangka waktu tertentu.

Ada banyak faktor yang menimbulkan terjadinya resiko usaha, mulai dari karena kondisi internal sampai eksternalitas (seperti bencana, guncangan ekonomi, dan lain sebagainya). Jika tidak dideteksi sedini mungkin, maka risiko tersebut bisa menimbulkan kerugian yang lebih besar. Jadi, setiap pebisnis wajib memiliki kemampuan mitigasi, mengelola, dan memindahkan risiko.

Mengenal Macam-Macam Resiko Usaha

resiko usaha adalah
Sumber: Freepik

Dalam praktiknya, kamu sebagai pebisnis akan menemukan berbagai macam resiko bisnis. Yuk, cari tahu mengenai macam-macam resiko usaha selengkapnya di bawah ini!

  • Resiko Pemasaran, yaitu risiko yang terjadi karena adanya tindakan kurang tepat dalam menerapkan strategi pemasaran sehingga gagal dan konsumen tidak bisa menerima produk secara baik.
  • Resiko Operasional, yaitu risiko yang timbul sebagai akibat kesalahan dan penyimpangan prosedur teknis perusahaan sehingga produk yang dihasilkan tidak sesuai standar. Hal ini bisa terjadi karena faktor SDM, teknologi yang kuno, dan lain sebagainya.
  • Resiko Keuangan, yaitu risiko yang sering dihadapi para pelaku usaha di mana kegagalan bisnis atau penyalahgunaan kas perusahaan akan menyebabkan potensi kerugian.
  • Resiko Sumber Daya Manusia, yaitu jenis risiko dari perilaku dan tingkah laku sumber daya manusia dalam menjalankan bisnis. Sebagai contohnya, tenaga kerja malas, tidak jujur, tidak disiplin, dan lain sebagainya.
  • Resiko Pasar, yaitu risiko yang dikendalikan oleh pelanggan atau konsumen dari perusahaan. Hal ini bisa disebabkan oleh adanya perubahan dan perkembangan gaya hidup target pasar, munculnya kompetitor lain, dan lain sebagainya.

Baca juga: Penerapan Omnichannel dalam Bisnis, Ini 5 Strateginya!

Cara Mengatasi Resiko Usaha Adalah Sebagai Berikut

resiko usaha adalah
Sumber: Freepik

Di dalam dunia bisnis, mengetahui cara mengatasi resiko usaha memang tidak mudah karena dibutuhkan riset yang mendalam. Riset tersebut terkait usaha yang dijalankan dengan mempertimbangkan kemajuan inovasi bisnis di pasar saat ini.

Nah, berikut ini ada beberapa cara mengatasi resiko usaha yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis:

1. Membuat Rencana Bisnis yang Matang

Langkah pertama untuk mengatasi resiko usaha yaitu dengan membuat rencana bisnis yang memuat detail target yang ingin dicapai baik dari segi operasional, keuangan atau pemasaran. Dengan begitu, maka kamu akan lebih mudah dalam menjalankan bisnis dan mengevaluasi apa yang telah dicapai.

2. Membuat Rencana Manajemen Resiko

Pada umumnya, rencana bisnis akan dijalankan dengan perencanaan manajemen resiko usaha yang matang. Dengan membuat perencanaan manajemen resiko yang tepat sasaran, tentunya akan berpengaruh terhadap penjualan secara signifikan.

3. Pelatihan Penanganan Resiko Usaha

SDM yang terlatih dan telah terbiasa dalam menerapkan strategi menangani resiko usaha, tentunya mereka akan lebih siap dan cepat tanggap dalam mengatasi berbagai resiko usaha yang mungkin terjadi.

4. Memperbarui Strategi Manajemen Resiko Usaha

Memperbarui strategi manajemen risiko seiring dengan berkembangnya waktu juga perlu dilakukan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir resiko usaha. Hal ini perlu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi lapangan sehingga tidak menimbulkan kerugian lebih banyak.

5. Menjalankan Rencana Bisnis

Tahapan selanjutnya yaitu menjalankan bisnis sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. 

6. Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar juga penting, di mana dengan melakukan riset pasar yang tepat maka hasilnya dapat digunakan sebagai dasar dalam evaluasi, inovasi, hingga peningkatan mutu produk.

7. Analisis Kebutuhan Pasar

Analisis kebutuhan pasar dapat meminimalisir resiko usaha. Permintaan kebutuhan pasar yang semakin berkembang bisa dijadikan sebagai analisis dasar untuk berinovasi dalam memenuhi kebutuhan pasar yang berubah-ubah.

8. Menyesuaikan Modal Usaha

Menyesuaikan modal usaha adalah salah satu cara yang dapat diterapkan dalam cara meminimalisir resiko usaha, di mana dengan penyesuaian yang tepat tentunya rencana yang dijalankan bisa mengatasi resiko usaha seminimal mungkin.

9. Analisis Prospek Bisnis

Analisis prospek bisnis bisa dijalankan dengan sempurna kalau riset pasar dan analisis kebutuhan pasar sudah dijalankan dengan baik. Hal itu mampu digunakan sebagai usaha meminimalisir dan sebagai cara mengatasi resiko usaha dalam jangka pendek maupun panjang.

Baca juga: Memajukan Bisnis dengan 5 Tips Remarketing yang Efektif

Gunakan Sistem iSeller untuk Mengendalikan Resiko Usaha

Untuk memudahkan kamu dalam mengendalikan resiko usaha, bisnis bisa dibantu dengan teknologi atau sistem manajemen bisnis. Melalui teknologi atau sistem ini, kamu bisa melacak semua aktivitas bisnis, termasuk mengidentifikasi resiko yang mungkin timbul. Hal ini tentu akan memudahkan kamu dalam mengambil keputusan bisnis yang tepat untuk kemajuan bisnis yang dijalankan.

Kabar baiknya, iSeller siap mendukung bisnis kamu dengan menyediakan sistem POS yang solid, efektif, dan juga terintegrasi. Fitur-fitur tersedia lengkap, yang bisa diakses dengan mudah melalui handphone maupun website. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai sistem iSeller dengan cara klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading