Restaurant POS Platform: Fungsi, Cara Kerja, dan Kelebihannya - iSeller Blog

Restaurant POS Platform: Fungsi, Cara Kerja, dan Kelebihannya

restaurant pos platform

Software POS restoran terlengkap menjadi salah satu faktor penting dalam bisnis makanan dan minuman, karena sistem ini dapat membantu kamu dalam melancarkan proses transaksi. Tapi ternyata masih ada yang belum terlalu paham soal apa itu Restaurant POS Platform.

Restaurant POS Platform atau yang juga sering disebut Aplikasi POS Restoran adalah solusi yang akan memfasilitasi proses operasional dan memberikan laporan detail tentang penjualan serta transaksi. Dengan kemampuannya dalam melacak pesanan, memantau stok, dan mengelola program loyalitas pelanggan, aplikasi ini akan menjadi pusat kontrol untuk banyak aktivitas di restoran. 

Kira-kira, apa yang bisa dilakukan oleh sistem point of sales modern yang tidak bisa dilakukan oleh sistem kasir konvensional? Ada beberapa hal, yaitu dapat menerima pesanan, mengirimkan detail pesanan ke dapur, menghasilkan tagihan, melacak penjualan, hingga mengelola staf.

Lantas, seperti apa cara kerja dan kelebihan Restaurant POS Platform? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

Cara Kerja Restaurant POS Platform

restaurant pos platform
Sumber: iSeller

Beberapa poin di atas adalah fitur-fitur canggih sistem POS yang pasti akan sangat membantu bisnis restoran kamu. Lalu, seperti apa cara kerjanya?

1. Mengelola Pesanan

Dengan sistem POS restoran, pengelolaan pesanan restoran akan menjadi lebih mudah dan cepat. Pertama, karyawan dapat menerima pesanan menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet. Setelah itu, pesanan akan secara otomatis tersampaikan ke perangkat yang ada di dapur dan juru masak bisa langsung memasak pesanan tersebut tanpa delay. Selain itu, pesanan juga akan muncul di mesin kasir sehingga pencetakan nota dapat langsung dilakukan setelah pembayaran.

2. Mengatur Menu Makanan

Sistem POS restoran akan membantu kamu dalam mengatur menu makanan dengan menciptakan menu virtual yang berbasis software atau perangkat lunak. Dengan begitu, kustomisasi apapun seperti misalnya penyembunyian menu-menu tertentu yang sedang tidak tersedia bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan, beberapa layanan POS restoran juga menyediakan pilihan untuk mengatur secara langsung harga untuk menu-menu yang ada..

3. Menangani Transaksi dan Pembayaran

Sistem POS restoran juga akan membantu kamu dalam menghitung tagihan pelanggan, termasuk pajaknya secara otomatis. Hingga kemudian memproses berbagai metode pembayaran dengan cepat dan mudah.

4. Mengatur Tata Letak Restoran

Dengan sistem POS, kamu juga bisa mengatur tata letak meja beserta nomor identifikasinya. Tidak hanya itu saja, dalam aplikasi POS restoran, karyawan kamu akan mampu mengetahui meja mana yang telah memesan makanan dan mana yang belum, sekaligus mengambil pesanan secara langsung melalui nomor identifikasi meja yang tertera.

5. Laporan Penjualan Lebih Akurat

Kamu bisa membuat laporan penjualan restoran dalam kurun waktu yang ditentukan untuk kemudian mengetahui informasi penting seperti menu makanan apa yang paling laris, dan mana yang tidak dengan mudah. Tentunya berkat penggunaan Restaurant POS Platform.

6. Mengelola Staf dan Karyawan

Pengelolaan staf dan karyawan juga mampu dilakukan oleh Restaurant POS Platform, lho. Kamu bisa mencari tahu berapa banyak pendapatan yang dihasilkan setiap pelayan untuk bisnis kamu, karena sistem POS biasanya juga menyediakan fitur sub-akun untuk karyawan-karyawan tertentu dengan peran yang berbeda-beda pula.

Baca juga: Kenapa Bisnis Perlu Menyediakan Sistem Online Payment, Apa Keuntungannya?

Butuh Restaurant POS Platform? Pilih iSeller!

restaurant pos platform
Sumber: iSeller

Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat memilih Restaurant POS Platform. Pertama, kamu harus memerhatikan jenis dan ukuran bisnis yang kamu miliki. Kemudian, sebagai pemilik bisnis restoran kamu juga perlu mempertanyakan dan memahami apa yang bisnis kamu butuhkan, lalu pelajari setiap aplikasi POS dan berbagai pilihan paket langganan yang ditawarkan.

Pada umumnya, aplikasi POS yang tersedia menyediakan pilihan free trial. Nah, kesempatan ini memungkinkan kamu untuk merasakan secara langsung bagaimana memakai aplikasi POS yang kamu pilih tanpa harus dikenakan biaya langganan. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin dengan menilai pengalaman itu menggunakan pemahaman kamu sebaik-baiknya. Sehingga kamu bisa mengambil kesimpulan berdasarkan pengalaman dan pemahaman langsung tentang aplikasi POS yang kamu gunakan.

Dari sekian banyak aplikasi POS yang ada, iSeller patut dipilih karena punya banyak keunggulan. iSeller punya sistem penjualan terlengkap, mulai dari katalog produk hingga sistem checkout, promotion, membership, loyalty, dan masih banyak lagi. Tidak perlu jasa teknisi atau pengetahuan programming, cukup mengaktifkan F&B Online Ordering di iSeller dan kamu sudah bisa dapatkan website pemesanan online untuk restoran milikmu.

Baca juga: Fungsi Staff Management dan Cara Mengoptimalkannya

Kamu bisa menerima pesanan online langsung dari POS iSeller secara otomatis dan real-time. Bahkan, kamu juga bisa cari driver lewat POS sehingga pesanan bisa diproses lebih cepat tanpa double entry. Sangat praktis, bukan?

Lebih dari itu, iSeller juga memungkinkan kamu tidak perlu lagi repot mengurus kerjasama dengan bank dan agensi pengiriman, karena semua sudah terintegrasi dan hanya perlu kamu aktifkan saja. Kini, kamu bisa mengelola restoran lebih cerdas dengan platform F&B holistik. Yuk, registrasi iSeller sekarang!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading