Sangat Penting bagi Bisnis, Kenali 8 Indikator Kualitas Produk - iSeller Blog

Sangat Penting bagi Bisnis, Kenali 8 Indikator Kualitas Produk

indikator kualitas produk

Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis dengan menjual produk, maka wajib sekali untuk selalu memerhatikan setiap kualitas produk yang akan kamu jual. Perlu dipahami bahwa produk yang berkualitas baik adalah salah satu hal yang diinginkan setiap pelanggan. Jadi, jangan sampai kamu lupa untuk menjaga kualitas produk yang akan kamu jual, ya! Memangnya, apa itu kualitas produk, dan apa saja indikator kualitas produk?

Pada intinya, kualitas produk adalah sebuah usaha untuk memenuhi harapan para pelanggan, di mana hal ini akan digunakan untuk mengetahui lebih kurangnya suatu produk yang kamu jual.

Kualitas produk sangat penting karena dapat memengaruhi keberhasilan bisnis kamu dan membantu membangun reputasi di pasar pelanggan. Ketika bisnis dapat menciptakan produk berkualitas tinggi yang terus memenuhi permintaan pelanggan, maka hal itu dapat menyebabkan lebih sedikit biaya produksi, pengembalian investasi yang lebih tinggi, dan peningkatan pendapatan.

Indikator Kualitas Produk yang Perlu Diketahui

indikator kualitas produk
Sumber: Freepik

Biasanya, produk yang memiliki pelanggan setia berarti produk itu memiliki kualitas yang baik sehingga dapat memenuhi harapan dan memberikan manfaat yang dapat dirasakan. Pengukuran kualitas sebuah produk dapat diukur berdasarkan beberapa indikator, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Performance: Produk yang baik memiliki kinerja yang bisa dirasakan oleh pelanggan. Kinerja produk menjadi baik saat nilai fungsionalnya bisa memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga produk sebuah produk dirancang sedemikian rupa untuk bisa berguna.
  2. Reliability: Ini berkaitan dengan keandalan produk dalam memenuhi kebutuhan pengguna.
  3. Feature: Berupa karakteristik sekunder atau pelengkap dari sebuah produk sebagai keistimewaan tambahan produk. Keistimewaan produk ini juga bisa dijadikan sebagai ciri khas yang membedakan dengan produk pesaing sejenis, sehingga ciri khas yang ditawarkan akan memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan.
  4. Durability:  Ini berkaitan dengan berapa lama produk dapat digunakan. Atau bisa juga didefinisikan sebagai ukuran usia operasi produk yang diharapkan dalam kondisi normal.
  5. Conformance To Specification: Produk-produk yang dijual mayoritas sesuai dengan keinginan pelanggan.
  6. Serviceability: Meliputi kecepatan, kompetensi, kenyamanan, mudah direparasi, serta penanganan keluhan pelanggan yang memuaskan. Dengan begitu, saat terjadi kerusakan atau gagal produk, maka ada kesiapan dalam perbaikan produk sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan.
  7. Aesthetics: Daya tarik produk terhadap panca indera yang dapat dilihat dari bentuk fisik, warna, model atau desain, rasa, aroma, dan lainnya. Sehingga para pelanggan akan tertarik terhadap produk.
  8. Perceived Quality: Persepsi konsumsi terhadap kualitas produk atau keunggulan produk.

Baca juga: Simpel, Ini 6 Tips Membuat Desain Kemasan Produk Untukmu!

Manfaat Indikator Kualitas Produk Bagi Bisnis

indikator kualitas produk
Sumber: Freepik

Kualitas produk yang terjaga, tentunya akan membuat para pelanggan percaya bahwa kamu memiliki produk yang baik. Sehingga hal ini menjadi suatu bentuk karakter dari produk yang kamu jual.

Ingat, produk yang baik berarti harus memiliki kemampuan untuk bisa menjalankan fungsinya memenuhi kebutuhan para pelanggan. Nah, untuk mengetahui kebutuhan pelanggan membutuhkan informasi-informasi yang akhirnya dibuat sebagai indikator yang harus produk miliki atau dimasukkan ke dalam produk sebagai bentuk nilai tambah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari indikator kualitas produk bagi bisnis yang perlu kamu ketahui:

  • Terciptanya kepercayaan pelanggan terhadap produk yang kamu tawarkan.
  • Pelanggan yang sudah percaya terhadap kualitas produk kamu, maka mereka akan memberikan rekomendasinya kepada orang-orang terdekat. Secara tidak langsung, menjaga kualitas produk akan mendorong pemasaran dengan metode dari mulut ke mulut, sehingga produk kamu semakin banyak dikenal.
  • Produk yang berkualitas dan banyak dibicarakan konsumen juga akan memberikan banyak pelanggan sehingga berpengaruh pada meningkatkan keuntungan bisnis. 
  • Peluang bisnis untuk berkembang semakin luas. 
  • Produk dengan indikator kualitas yang bagus dan sesuai dengan harapan para pelanggan juga akan berdampak pada minimnya keluhan dan pengembalian produk atau retur. Para pelanggan justru akan mendapatkan pengalam positif terkait produk yang ditawarkan.

Baca juga: Bangun Brand Identity yang Kuat, dan Dapatkan 6 Manfaatnya!

Terjaganya kualitas produk yang baik akan mengundang kepercayaan tersendiri bagi para pelanggan. Dengan begitu, para pelanggan akan merasa puas dan tidak ragu lagi untuk membeli ulang produk yang kamu tawarkan di waktu yang akan datang.

Pastikan Anda memiliki konsistensi yang baik pada setiap kanal bisnis. Bagaimana caranya? Hal ini bisa dilakukan dengan integrasi berbagai kanal yang dimiliki bisnis dalam urusan penjualan, dengan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh iSeller.

iSeller menyediakan POS System yang akan membantu berbagai aktivitas bisnis kamu. Fungsi utamanya adalah mengelola penjualan di berbagai kanal secara terintegrasi. Untuk mengetahui fitur lengkapnya, kamu bisa langsung klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading