Sistem CRM: Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Fungsinya - iSeller Blog

Sistem CRM: Definisi, Tujuan, Manfaat, dan Fungsinya

crm adalah

Menerapkan strategi yang tepat dalam bisnis yang kamu miliki menjadi salah satu kunci suksesnya bisnis, dan profit yang besar. Salah satu dari rangkaian strategi yang bisa digunakan adalah customer relationship management atau CRM. CRM adalah strategi spesifik dalam mengelola hubungan dengan pelanggan yang kamu punya.

Tapi apa hanya itu saja yang akan dibahas di artikel ini?

Jelas tidak. Mulai dari pengertian dasar dan jabaran dari apa itu CRM, kemudahan tujuan penggunaan CRM dalam bisnis, hingga fungsi CRM bagi bisnis yang kamu punya, semua akan dibahas secara lengkap, ringkas, dan jelas, di tiga poin utama berikut ini.

Baca juga: Budget Plan Tidak Cuma untuk Bisnis Besar, Cermati di Sini!

Pertama, Mengenal Apa Itu CRM

Customer relationship management sendiri adalah sebuah sistem yang dapat membantu bisns yang kamu punya, dengan mengelola hubungan dengan pelanggan atau calon pelanggan yang ada. Tujuan umum dari penggunaan sistem ini adalah untuk meningkatkan layanan pelanggan serta mendorong pertumbuhan penjualan yang diperoleh bisnis.

CRM digunakan karena bisa membantu sebuah bisnis dalam mengumpulkan data pelanggan dari berbagai saluran yang ada. Mulai dari situs web, kemudian email, telepon, chat, bahkan hingga berbagai media sosial.

Data-data yang didapatkan ini akan disimpan di dalam database terpusat, dan bisa diakses oleh tim yang kamu punya sehingga bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan tim yang ada. Pemahaman lebih baik pada pelanggan yang kamu punya, jelas akan memberikan insight lebih baik pula untuk strategi penjualan, pemasaran, dan bagaimana membuat dan melaksanakan campaign.

Kedua, Terkait Tujuan dan Manfaat Penggunaan Sistem CRM

Di bagian kedua ini kamu bisa menemukan penjelasan soal tujuan dan manfaat dari penggunaan sistem CRM pada bisnis yang kamu punya. Karena CRM berfokus pada pengumpulan dan pengelolaan data pelanggan, maka tujuan dan manfaatnya tidak akan jauh dari hal ini.

4 Tujuan Penggunaan CRM

Sedikitnya ada empat tujuan ketika sebuah bisnis memutuskan menggunakan sistem CRM. Keempat tujuan CRM adalah sebagai berikut.

  • Informasi lengkap menjadi sarana paling baik untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Hal ini bisa diterapkan dengan metode up selling, atau cross selling, atau metode lainnya.
  • Informasi pelanggan bisa digunakan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan di saat itu.
  • Ada konsistensi dari pelanggan atau perusahaan dalam menyampaikan informasi yang memiliki nilai guna tertentu.
  • Dapat meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, sehingga pendapatan yang diperoleh secara berangsur-angsur bsa terus meningkat.

Lalu Apa Saja Manfaatnya?

Jika pada poin tujuan penggunaan CRM dibagi menjadi empat, maka manfaatnya sendiri bisa dilihat dari lima sisi yang berbeda.

  • Pertama, terkait efisiensi biaya. Ketika target pasar sudah bisa ditentukan, maka penentuan metode yang tepat dalam melakukan promosi bisa dilakukan. Hal ini bisa menghemat sejumlah pengeluaran operasional.
  • Kedua, efisiensi operasional. Semakin jelas target yang akan dituju oleh aktivitas pemasaran, maka semakin efisien juga gerakan dan manuver yang dilakukan oleh bisnis.
  • Ketiga, loyalitas pelanggan. Pelanggan yang merasa ‘dipahami’ akan menjadi semakin loyal, karena merasa bisnis yang kamu punya bisa memberikan apa yang mereka inginkan.
  • Keempat, pengolahan data untuk pemasaran. Semua data yang dimiliki bisa menjadi pertimbangan penting dalam penyusunan strategi pemasaran paling tepat.
  • Kelima, meningkatkan pendapatan. Idealnya ketika bisnis sudah menggunakan strategi pemasaran jitu, maka pendapatan yang didapatkan juga akan meningkat.

Bagian Ketiga, Fungsi Utama dari CRM

Setelah kamu paham akan tujuan dan manfaat penggunaan CRM di dalam bisnis, maka selanjutnya kamu bisa melihat di bagian akhir ini terkait penjelasan fungsi utama dari sistem CRM yang digunakan dalam sebuah bisnis.

1. Menyimpan dan Mengelola Data Pelanggan

Sistem CRM yang dipakai akan memiliki fungsi utama untuk menyimpan dan mengelola data pelanggan. Mulai dari nama, alamat, nomor telepon, hingga riwayat belanja yang dimilikinya, semua bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan strategis di masa depan.

2. Mengelola Komunikasi

Sistem ini juga berfungsi untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan mengatur hubungan komunikasi dengan pelanggan lewat berbagai saluran yang terhubung.

3. Program Loyalitas

Karena semua data pelanggan yang melakukan transaksi disimpan, maka fungsi CRM adalah untuk mengelola program loyalitas. Semua pembelian dapat dilacak, dan dicatat dengan baik dengan poin atau reward yang digunakan.

4. Layanan Pelanggan yang Baik

Personalisasi layanan pelanggan juga bisa kamu lakukan, sehingga setiap pelanggan bisa mendapatkan pelayanan terbaik untuk setiap kebutuhan yang dimilikinya.

5. Analisis Data Pelanggan

Dengan memiliki data pelanggan yang lengkap, sistem CRM bisa membantu proses analisis sehingga nantinya kamu akan memahami dengan baik kebutuhan yang dimiliki pelanggan, serta preferensi mereka.

Baca juga: Cara Mudah Menghitung Diskon, Beserta Rumus dan Contohnya 

Untuk membantu kamu mendapatkan manfaat dan fungsi dari CRM ini, kamu sebenarnya bisa menggunakan produk handal dari iSeller. Produk POS System yang disediakannya memiliki fitur serupa dengan CRM, sehingga bisa memaksimalkan upaya membangun hubungan baik dengan pelanggan dan memaksimalkan data gathering untuk kebutuhan bisnis.

iSeller paham benar jika keberadaan sistem CRM adalah sebuah hal yang krusial. Ini mengapa, kamu bisa mengajukan percobaan GRATIS sekarang juga, dan mencoba fitur yang disediakan oleh iSeller untuk kemajuan bisnismu!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading