Sistem Pembayaran Paling Efektif untuk Bisnis Foodcourt - iSeller Blog

Sistem Pembayaran Paling Efektif untuk Bisnis Foodcourt

sistem pembayaran

Ingin memulai bisnis foodcourt, tapi masih bingung menentukan sistem pembayaran seperti apa yang paling tepat?

Perlu diketahui, konsep bisnis foodcourt adalah menyediakan tempat dengan berbagai booth makanan di dalamnya. Jadi untuk menjalankan bisnis yang satu ini, kamu tidak harus bisa memasak karena bisa menyewakan booth kepada para pengusaha makanan. Area makan foodcourt bisa dibuat secara terbuka, dengan begitu para pelanggan bisa bebas dalam memilih menu makanan dan menentukan tempat duduknya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Foodcourt?

sistem pembayaran
Sumber: iSeller

Kira-kira, bagaimana cara memulai bisnis foodcourt yang memiliki peluang keuntungan besar? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan:

  • Pilih lokasi yang strategis, mudah dijangkau, dan ramai pengunjung. Selain penentuan seberapa strategisnya lokasi, kamu pun harus memastikan apakah tempat itu memadai untuk banyak orang. Pasalnya, dibutuhkan lahan yang cukup untuk membuat gerai makanan, area dine-in para pelanggan, hingga tempat parkir.
  • Selanjutnya, siapkan gerai untuk para pengusaha makanan. Cobalah untuk membuat desain booth yang tepat, dengan membuatnya mudah untuk dijangkau dan meningkatkan selera makan para pelanggan. Jangan lupa juga untuk memerhatikan ventilasi dan fasilitas lainnya seperti air bersih dan listrik, ya!
  • Sediakan meja dan kursi untuk para pelanggan dengan jumlah yang memadai. Lalu letakkan meja dan kursi tersebut dengan desain yang tepat, jangan terlalu berdekatan atau juga terlalu jauh. Pastikan juga untuk memerhatikan kenyamanan pelanggan ketika kamu membuat tata letak meja dan kursi.
  • Selain menyediakan meja dan kursi untuk area makan para pelanggan, lengkapi juga foodcourt dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti toilet, hingga tempat ibadah. Jika konsep foodcourt kamu indoor, gunakan AC agar area makan sejuk dan nyaman. Selain itu, WiFi gratis juga bisa disediakan agar pelanggan lebih betah berlama-lama di foodcourt.
  • Buat sistem yang tepat agar operasional berjalan lancar. Dalam hal ini, kamu perlu menentukan harga sewa gerai yang harus dibayarkan oleh para pengusaha makanan sehingga mereka bisa berjualan. Selain sistem sewa, kamu juga bisa menerapkan sistem bagi hasil dari penjualan pemilik gerai makanan.
  • Supaya bisnis foodcourt kamu sukses memperoleh pendapatan yang besar, sediakan juga sistem pesan makanan online. Jadi, para pelanggan yang tidak bisa berkunjung langsung ke area foodcourt tetap bisa menikmati makanan yang dijual di sana. Tentu saja, hal ini akan menguntungkan bagi penjual karena mereka bisa meningkatkan penjualan.
  • Jangan lupa gunakan sistem pembayaran digital, mengingat tren e-wallet di masyarakat saat ini sangat besar. Nyatanya memang semakin banyak orang yang telah beralih cashless dalam transaksi sehari-hari, jadi coba untuk menggunakan sistem pembayaran digital di area foodcourt milikmu, ya! 

Kenapa Sistem Pembayaran Digital Cocok untuk Bisnis Foodcourt?

Sistem pembayaran digital tidak hanya membuat para pelanggan merasa lebih nyaman, tetapi juga lebih aman karena setiap transaksi akan tercatat di dalam sistem secara otomatis. Bagi penjual, hal ini juga akan sangat menguntungkan karena mereka tidak lagi repot menyediakan uang tunai sebagai kembalian. Pasalnya, para pelanggan bisa langsung membayarkan tagihan makanan dan minumannya sesuai dengan nominal melalui sistem pembayaran digital.

Namun, pastikan kamu menggunakan sistem pembayaran yang terpercaya, ya! Dan jangan lupa untuk menyediakan mesin kasir (point of sales), mesin QR, dan EDC untuk menunjang sistem pembayaran digital tersebut.

Baca juga: Pentingnya Product Development dan 5 Tahapan Prosesnya

iSeller, Sistem Pembayaran Digital terbaik untuk Bisnis Foodcourt

sistem pembayaran
Sumber: iSeller

Kini, kamu bisa mengelola bisnis foodcourt  tanpa ribet dengan POS tersentralisasi dari iSeller. Tidak hanya menawarkan penjualan tersentralisasi saja, iSeller juga memberikan pengalaman terbaik bagi para pelanggan dengan sistem Online Ordering dan NFC yang terhubung ke POS

Yuk, terapkan pemesanan digital dengan iSeller F&B Online Ordering! Dengan fitur multi-tenant yang didukung oleh iSeller F&B Online Ordering, maka bisnis foodcourt kamu bisa punya satu website pemesanan online yang mencakup seluruh tenant!

Sementara itu, penggunaan kartu NFC iSeller akan membuat proses pembayaran semakin mudah, cepat, dan aman! Tidak perlu lagi bawa-bawa uang tunai yang membuat dompet tebal, cukup isi saldo, tempel kartu pada NFC card reader dan transaksi selesai.

Baca juga: Cara Membuat Business Plan untuk Mendirikan Usaha

Bagaimana kartu NFC iSeller akan membantu bisnis foodcourt kamu?

  • Pusatkan pembayaran pada satu titik. Mudahkan perhitungan pembayaran dengan sistem top-up saldo, di mana pelanggan bisa mengisi saldo di kasir dan membayar pesanan hanya di foodcourt kamu.
  • Permudah pembayaran. Cukup tempel kartu pada NFC card reader dan pembayaran selesai, sehingga hal ini akan mempercepat antrian pesanan yang membuat pelanggan semakin nyaman saat bertransaksi.
  • Kurangi risiko kesalahan. Kesalahan perhitungan pembayaran atau kembalian karena faktor human error dapat diminimalisir, karena sistem akan memotong saldo secara otomatis sesuai dengan total pesanan.

Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai fitur-fitur iSeller sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading