Strategi Menjalankan Market Research untuk Mengembangkan Bisnis - iSeller Blog

Strategi Menjalankan Market Research untuk Mengembangkan Bisnis

market research

Market research atau riset pasar menjadi salah satu langkah dalam proses mengembangkan bisnis. Market research ini diartikan sebagai sebuah upaya pengumpulan data atau informasi untuk kebutuhan analisis peluang bisnis atau kebutuhan pemasaran.

Upaya market research ini tentunya akan membantu seorang pebisnis dalam mengevaluasi dan memantau kinerja atau performa bisnisnya. Kira-kira, seperti apa strategi menjalankan market research yang tepat untuk mengembangkan bisnis?

Tujuan dan Fungsi Menjalankan Market Research

market research
Sumber: Freepik

Tujuan utama dari dilakukannya market research adalah untuk mengetahui pasar yang berhubungan dengan produk atau layanan tertentu, dan mengetahui seperti apa reaksi konsumen. Data yang diperoleh dari riset pasar nantinya akan disusun dan disesuaikan dengan aktivitas pemasaran, serta untuk menentukan prioritas dan persyaratan layanan dari konsumen jika memang ada. Dengan begitu, bisnis atau perusahaan bisa meminimalisir resiko kegagalan dan lebih yakin dalam hal pengambilan keputusan.

Setidaknya, riset pasar punya empat fungsi dalam penerapannya, yaitu: 

  1. Evaluating, berarti market research berperan mengevaluasi program-program pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Evaluasi ini termasuk pada saat perusahaan ingin melakukan review pada brand positioning terhadap produk kompetitor. 
  2. Understanding, berfokus pada tujuan untuk memahami konsumen sebagai salah satu insight atau masukan bagi perusahaan. Dengan memahami konsumen, maka perusahaan dapat lebih mengetahui kebutuhan dan keluhan konsumen. 
  3. Predicting, yaitu fungsi yang paling rumit dibandingkan fungsi lainnya karena fungsi ini berperan sebagai acuan bagi perusahaan yang ingin membuka brand atau produk baru untuk dapat membidik dengan tepat target pasar baru.
  4. Controlling, digunakan untuk melihat setiap proses bisnis yang sedang berjalan. Biasanya, fungsi ini digunakan untuk melihat data aktivitas pemasaran yang sedang berjalan, di mana data tersebut dapat berupa produk di mata konsumen, demografi, tren pasar, hingga efektivitas marketing tools.

Baca juga: 6 Teknik Jitu Mengembangkan Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

Strategi Menjalankan Market Research

market research
Sumber: Freepik

Yuk, bahas lebih lanjut bagaimana cara melakukan market research untuk perkembangan bisnis. 

1. Ketahui Target Pasar secara Tepat

Cara melakukan riset pasar yang pertama adalah kamu harus mengetahui siapa target pasar yang tepat untuk bisnis yang sedang kamu jalankan. Target pasar inilah yang akan menjadi konsumen dari produk yang kamu pasarkan. Supaya kegiatan market research lebih terarah dan fokus, kamu perlu tahu siapa target yang dituju. Mengetahui target pasar tentunya akan mempermudah dalam menganalisis kebutuhan produk di pasar, penentuan harga, fitur atau manfaat produk yang tepat dan lain sebagainya.  

2. Siapkan Pertanyaan untuk Evaluasi Bisnis

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan pertanyaan  untuk kebutuhan evaluasi bisnis atau perusahaan. Pertanyaan ini nantinya akan mengacu pada jawaban target pasar yang selanjutnya akan dikembangkan untuk meningkatkan kinerja bisnis atau kualitas produk. Contoh pertanyaan yang bisa digunakan adalah berapa biaya yang akan konsumen keluarkan untuk membeli produk setelah mengetahui manfaatnya. Kemudian, pertanyaan lain adalah bagaimana kebiasaan atau cara belanja calon konsumen dan sebagainya. 

3. Lakukan Riset pada Bisnis Kompetitor

Melakukan riset pada bisnis milik kompetitor adalah bagian dari market research. Jadi, kamu perlu mempelajari bagaimana strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh kompetitor, bagaimana keunggulan produknya, dan siapa saja target pasarnya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui celah atau peluang yang dapat dimanfaatkan untuk bersaing secara sehat dengan bisnis kompetitor.

4. Lakukan Riset Produk

Bagian dari riset pasar yang juga tidak kalah penting adalah melakukan riset terhadap produk yang kamu tawarkan. Riset produk ini bisa dilakukan dengan melakukan riset kata kunci yang berhubungan dengan produk dan cari informasi sebanyak-banyaknya dari internet. Kamu bisa mengetahui jenis produk apa saja yang sedang banyak dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga, kamu akan lebih mudah melakukan inovasi produk yang mempunyai nilai jual dan siap bersaing di pasar. 

5. Analisis Tren di Pasar Bisnis

Perlu dipahami bahwa bisnis tidak boleh jalan di tempat, tapi harus selalu mengikuti arah tren di bidang tersebut. Jika produk tidak berkembang mengikuti tren, maka kemungkinan peluang untuk bersaing di pasar bisnis semakin kecil. Menganalisis tren pasar tentunya akan mempermudah kamu dalam menghadirkan produk yang lebih cocok dan bermanfaat bagi konsumen. Pelanggan juga akan bertambah sehingga penjualan bisnis juga akan meningkat.

Baca juga: iSeller POS Express Sekarang Ada untuk iPad!

Melakukan market research akan menjadi jauh lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi digital dan internet. Salah satunya adalah dengan fitur yang disediakan oleh Google untuk membantu pebisnis melakukan riset pasar seperti Google Trends atau Google Analytics.

Selain menjalankan riset pasar, pastikan juga untuk selalu meningkatkan layanan pelanggan dalam proses mengembangkan bisnis, ya! Jangan lupa manfaatkan fitur-fitur terbaik dari iSeller. iSeller menyediakan POS System yang sangat canggih dengan fitur lengkap, yang tentunya akan membantu berbagai aktivitas bisnis kamu baik secara offline maupun online. Ajukan COBA GRATIS sekarang untuk mengetahui fitur lengkapnya.

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading