Sudah Pakai Video Marketing untuk Bisnis? Ini 6 Manfaatnya! - iSeller Blog

Sudah Pakai Video Marketing untuk Bisnis? Ini 6 Manfaatnya!

video marketing

Apa saja aktivitas marketing yang sudah kamu lakukan untuk membuat bisnis menjadi dikenal dan viral? Sudahkah kamu mencoba membuat video marketing? Dalam beberapa tahun belakangan, cara ini cukup banyak diminati karena bisa menghadirkan daya tarik tersendiri lewat kreativitas produksi dan pesan yang disampaikannya.

Tapi apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan video marketing itu? Apakah sekedar video yang dibuat dengan gambar produk serta copy berupa ajakan membelinya saja?

Baca Juga: Bisa Dukung Penjualan di Instagram Shop, iSeller Tak Boleh Kamu Skip!

Mari Cermati Dulu Apa Definisinya

video marketing

Video marketing sendiri bisa dipahami sebagai sebuah strategi pemasaran yang penerapannya menggunakan video. Video ini digunakan untuk memasarkan dan mempromosikan produk atau layanan yang bisnis kamu punya, sehingga bisa dikenal masyarakat lebih luas.

Selain sebagai cara untuk mempromosikan dan memasarkan produk, kamu juga bisa memancing keterlibatan dari pelanggan atau target audience yang dimiliki bisnis untuk mengamplifikasi pesan yang disampaikan.

Dengan strategi yang tepat, video yang berkualitas, dan sedikit keberuntungan, maka bisnis bisa menjadi viral dan dikenal semakin banyak orang.

Ini Manfaat Penggunaan Strategi Pemasaran Tersebut untuk Bisnis

video marketing

Tentu sebuah strategi hanya akan digunakan karena memiliki manfaat yang jelas untuk bisnis dan produk. Beberapa manfaat mendasar dari penggunaan video marketing antara lain adalah sebagai berikut.

1. Daya Tarik Tinggi dari Video

Karena berupa materi audio dan visual, maka daya tarik yang diberikan akan lebih besar. Hal ini dimuat dalam sebuah survei yang dilakukan tahun 2017 lalu oleh tim HubSpot, bahwa materi promosi berupa video menjadi hal paling ingin dilihat oleh publik.

Well dengan evolusi konten sekarang ini, kreativitas yang terus didorong batasnya menghasilkan ragam jenis video yang semakin unik dan dinikmati publik. Baik berdurasi panjang atau pendek, semua tersedia di platform yang ada dan dengan mudah dapat merambah segmen pasar.

2. Adanya Efek Awareness

Konten video dapat memudahkan pelanggan atau penontonnya untuk memiliki awareness lebih tinggi. Tidak hanya karena berupa visual dan audio yang dikombinasikan, tapi juga pelanggan akan punya ingatan tertentu pada materi yang disajikan.

Proses asosiasi produk dengan sesuatu yang dekat dengan pelanggan bisa terjadi lebih cepat, sehingga tingkat awareness yang dimiliki juga semakin cepat naik.

3. Sebagai Cara Penguatan Brand Image

Penguatan brand image idealnya dilakukan dengan berbagai aktivitas pemasaran. Nah, optimasi konten berupa video dalam aktivitas ini juga menjadi cara yang dipilih banyak orang, karena bisa membantu menekankan dan menanamkan value sebuah brand pada publik secara luas.

Dengan materi yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi lebih sesuai dengan sasaran audiens, pesan yang disampaikan bisa benar-benar jelas dan tidak menjadi ambigu. Secara ideal pesan yang disampaikan akan dimengerti oleh pelanggan, sehingga citra brand semakin kuat.

4. Efek Bola Salju

Salah satu hal yang bisa diharapkan dari penggunaan video adalah efek bola salju yang muncul. Ketika pelanggan merasa konten ini menarik, besar kemungkinan ia membagikannya pada teman atau orang lain yang ada di dalam kontak.

Selain untuk menikmati dan berbagi konten menarik, secara langsung mereka juga menyebarkan promosi yang kamu buat dengan video ini. Memang tidak praktis berarti meningkatkan penjualan, tapi awareness yang meningkat dalam jumlah besar juga akan membawa efek samping berupa leads berkualitas bukan?

5. Ruang untuk Penjelasan

Dapat disampaikan dengan menarik, padat, dan interaktif, ruang yang tersedia dari konten pemasaran ini terbilang cukup luas dan bisa dimaksimalkan sesuai kebutuhan bisnis. Berbagai format video juga tersedia, dari yang berdurasi 15 detik hingga konten berupa film pendek, semua bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

Tidak heran jika konten seperti ini banyak diminati, dan terjadi ‘banjir’ konten yang ada di media sosial dan berbagai platform.

6. Gambaran Langsung Produk

Kamu juga bisa membuat konten yang berupa gambaran langsung sebuah produk sehingga pelanggan tidak lagi perlu memperkirakan bentuk dan penggunaan produk. Lebih jauh, konten video juga bisa disematkan fitur pembelian secara langsung, sehingga pelanggan yang berminat bisa langsung melakukan transaksi saat itu juga.

Cara Simpel Membuat Video Marketing

video marketing

Sebenarnya cara membuat video marketing bisa dilakukan dengan banyak langkah sederhana, menggunakan jasa agensi misalnya. Tapi hal ini akan membutuhkan biaya cukup besar dan proses monitoring yang ketat agar video dihasilkan sesuai keinginan.

Tapi secara mendasar, langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Tentukan tujuan dari video yang dibuat, dan target audiens yang ingin disasar dengan video ini. Dengan dua hal mendasar ini, kamu bisa menentukan jenis video dan pendekatan seperti apa yang tepat untuk digunakan.
  • Buat naskah atau script dari video secara detail dan lengkap. Naskah ini akan membantu kamu fokus pada tujuan utama dari pesan yang ingin disampaikan pada audiens.
  • Lakukan proses produksi menggunakan alat yang kamu punya, dan kreativitas yang ada. Video viral tidak selalu harus berbiaya mahal, jadi perkuat konsepnya, sampaikan pesan dengan lugas, dan berikan value pada video yang kamu buat.
  • Setelah selesai proses editing, kamu bisa mulai menyebarkan video ini ke berbagai platform media sosial dan pemasaran yang kira-kira sudah kamu rencanakan sebelumnya.

Baca Juga: 9 Tips Melakukan Analisis Penjualan yang Efektif, Pakai iSeller! 

Secara mendasar, penggunaan video marketing akan jadi salah satu amunisi yang bisa masuk dalam strategi pemasaran. Tentu, setelah semua selesai diproduksi, penjadwalan posting dari video ini harus dilakukan dengan cermat agar bisa memanfaatkan momentum yang ada.

Kamu juga bisa menyematkan fitur transaksi langsung pada video di beberapa platform seperti Instagram dan TikTok. Untuk membantu pengelolaan permintaan yang masuk dari pelanggan, POS System dari iSeller akan jadi andalanmu. Terintegrasi dengan berbagai platform penjualan, iSeller bisa mengoptimalkan urusan sales dengan baik. Ajukan COBA GRATIS sekarang, dan maksimalkan semua strategi pemasaranmu sekarang juga!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading