Ternyata Banyak Fungsinya, Kenali Tahapan-Tahapan Cost Control! - iSeller Blog

Ternyata Banyak Fungsinya, Kenali Tahapan-Tahapan Cost Control!

Cost Control

Di dalam kegiatan bisnis, pengaturan finansial tentunya sangat perlu diterapkan supaya pengeluaran terkontrol dengan aman. Untuk melakukannya, diperlukan yang namanya cost control.

Secara umum, cost control atau pengendalian biaya adalah metode untuk mengenali isu budgeting dan mengatur biaya dalam berbisnis. Cara untuk melakukan cost control yaitu dengan menerapkan standar ketentuan dalam aktivitas bisnis. Biasanya, hal itu akan diterapkan pada penyusunan rencana, pemberian feedback, serta evaluasi pelaksanaan kegiatan.

Cost control punya banyak elemen, fungsi dan manfaat terkait keperluan finansial perusahaan. Jadi, sangat penting untuk mengetahui seperti tahapan-tahapannya.

Apa Fungsi Cost Control?

Cost Control
Sumber: Freepik

Dalam aktivitas bisnis, cost control memang memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga kondisi finansial perusahaan. Adapun fungsi dan manfaat penerapannya adalah sebagai berikut:

  • Fungsi pertama cost control adalah merencanakan budgeting untuk memperkirakan besar pengeluaran yang diperlukan, sehingga dengan adanya perencanaan yang matang kegiatan usaha akan berjalan sesuai dengan biaya yang dianggarkan.
  • Kemudian, cost control akan berperan dalam pengawasan penggunaan anggaran biaya dalam kegiatan usaha. Cost control juga akan digunakan untuk mengetahui perbandingan antara budgeting sebelumnya dan saat ini. Hal itu ditujukan untuk melihat apakah pengendalian biaya ini sudah sesuai dengan tujuan perusahaan atau belum.
  • Lalu dalam pelaksanaannya, cost control menjadi pemegang kunci dalam keberlangsungan bisnis. Dengan adanya pengendalian biaya, harapannya adalah seluruh departemen bisa berkoordinasi dan menjalankan aktivitas usaha sesuai dengan anggaran.

Elemen-Elemen Cost Control

Selain mengenal apa itu cost control, kamu juga perlu tahu apa saja elemen-elemen yang ada di dalamnya. Untuk menjaga keadaan finansial bisnis, tentu saja budget harus dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan kegiatan bisnis. Adapun elemen-elemen di dalam cost control di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dalam penerapan cost control, hal pertama yang mesti diperhatikan adalah pemahaman mengenai kontrol biaya itu sendiri. Diperlukan taksiran anggaran secara detail dan profil pelacakan terlebih dahulu, di mana di dalamnya ada dasar pengendalian dan penjadwalan budgeting. Tujuannya adalah supaya pengukuran antara anggaran dan juga kegiatan bisa akurat dan performa dapat terukur.
  • Setelah itu, penerapan cost control memerlukan laporan data kinerja konsisten. Dokumen itu harus berisi laporan anggaran secara detail.
  • Supaya cost control bisa diterapkan, maka diperlukan analisis finansial perusahaan. Dalam hal ini, kamu bisa membandingkan kinerja aktual dengan normanya agar bisa dibuat acuan pihak manajemen untuk memperbaiki kekurangan atau kerugian bisnis.
  • Elemen penting dalam cost control berikutnya yaitu memberikan informasi penting bagi pebisnis untuk menggali potensi bisnis ke depan. Dengan wawasan seputar situasi finansial usaha, analisis secara mendalam bisa dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi akibat keputusan-keputusan tertentu.

Setelah mengetahui elemen-elemen dalam cost control, kamu perlu mengidentifikasi dan menyelesaikan suatu isu. Supaya pengendalian biaya dapat berjalan, diperlukan revisi pada beberapa bagian yang tidak relevan dalam kegiatan pembelian barang baku atau proyek perusahaan.

Baca juga: Digital Payment, Metode Pembayaran yang Semakin Marak dan Digemari

Tahapan-Tahapan dalam Cost Control

Cost Control
Sumber: Freepik

Langkah yang tepat dalam melakukan cost control sangat dibutuhkan untuk mendukung pimpinan bisa membuat keputusan yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa tahapan penerapan cost control yang bisa kamu ikuti:

  • Pengawasan fisik: di tahap awal ini, kontrol dijalankan dengan memeriksa langsung fisik bahan baku, stok barang, peralatan yang dibeli, dan lain-lain. Pengawasan fisik bisa dilakukan oleh pimpinan perusahaan untuk skala pengendalian yang terbatas. Sedangkan bagi perusahaan dengan cakupan yang lebih luas, ada manajer di masing-masing divisi untuk melakukan pengawasan fisik pada lingkup kerjanya.
  • Akuntansi historis: tahap pengawasan ini biasanya dilakukan oleh perusahaan besar yang tidak bisa melakukan pengawasan fisik secara langsung. Pimpinan perusahaan akan memeriksa akuntansi historis untuk membandingkan anggaran dan biaya aktual dari masing-masing periode, dan data itu bisa menjadi bahan masukan untuk membuat perencanaan serta melakukan pengendalian.
  • Anggaran statis dan biaya standar: pimpinan tidak lagi bertumpu pada pengawasan fisik dan membandingkan data dari akuntansi historis saja. Tapi, pengendalian akan dilakukan dengan membuat anggaran statis dengan biaya standar, sehingga pimpinan fokus mengelola proyek saat ini tanpa membandingkan dengan proyek sebelumnya.
  • Anggaran fleksibel dengan biaya standar: anggaran dibuat dengan fleksibel dengan biaya standar, mengingat ada beberapa jenis proyek yang komponen biayanya sangat fluktuatif. Jadi, sangat mungkin anggaran bisa berbeda dengan biaya aktual.
  • Tanggung jawab pusat: semakin besar suatu perusahaan, maka akan semakin kompleks pula elemen cost control-nya. Manajer divisi memiliki banyak tanggung jawab sehingga tidak terlalu fokus dalam menjalankan fungsi cost control. Dalam kondisi itu, maka perlu dibentuk manajemen khusus yang terpusat untuk melakukan fungsi cost control dengan baik.

Baca juga: Pentingnya Arus Kas Untuk Kelangsungan Bisnis

Itulah serba-serbi mengenai apa itu cost control, fungsi dan manfaatnya, hingga elemen serta tahapan-tahapannya. Melihat perannya yang cukup penting dan sangat dibutuhkan bagi bisnis atau perusahaan, maka kamu tidak boleh sembarangan dalam melakukannya.

Kalau kamu ingin proses cost control perusahaan lebih efektif, kamu bisa menggunakan iSeller sebagai sistem manajemen penjualan terintegrasi yang mendukung pengelolaan bisnis secara optimal. iSeller menyediakan laporan dan analitik yang bisa diakses kapan dan di mana saja. Jadi, saat kamu butuh mencari informasi detail mengenai bisnis atau hanya ingin melihat ringkasan performa bisnis, semua informasi yang kamu butuhkan akan tersaji dengan cepat dan mudah.

Laporan akan tersedia secara komplit dan profesional, sehingga kamu bisa melihat bagaimana toko atau bisnismu berkembang. Coba gratis sekarang, kamu bisa langsung klik di sini!

Published by iSeller Team

Need to grow your business? Contact us at +62-812-1111-8300

Leave a Reply

Discover more from iSeller Blog

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading